Tata Kelola Keamanan Informasi di Pemkot Depok Dinilai Baik

Tata Kelola Keamanan Informasi di Pemkot Depok Dinilai Baik

Sandiman Ahli Madya Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Marcelina Tri Nastiti Widayatmi menyebut, tata kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) khususnya dalam keamanan informasi di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sudah berjalan baik. 

Tata kelola ini juga sudah menuju ke arah kebijakan pemerintah terkait Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Tata kelola yang dilakukan sudah merujuk ke arah kebijakan pemerintah terkait SPBE. Ada peningkatan indeks SPBE juga dalam penerapan keamanan, jadi sudah sesuai. Tinggal dilanjutkan dan ditingkatkan lagi supaya ruang lingkup keamanannya juga bisa menyeluruh,” ujar Marcelina, usai kegiatan Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, di Kinasih Resort, Tapos, Senin (26/02/24).

Dikatakannya, indeks SPBE menunjukkan bagaimana digitalisasi layanan pemerintahan secara umum sudah berjalan efektif dan efisien. Termasuk keamanan dalam pencegahan kebocoran data.

“Kendati demikian, mitigasi risiko juga harus diperhatikan agar tidak ada celah hacker memanfaatkan data untuk berbagai hal. Beberapa data yang harus diamankan meliputi kerahasiaan isi informasi, menjaga keaslian informasi dan informasi tersedia saat diperlukan,” katanya.

Ia juga berpesan, beberapa aset yang harus dilindungi seperti, perangkat lunak, perangkat keras, dokumen atau data, sarana dan prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) atau pihak ketiga.

“Mudah-mudahan Diskominfo bisa terus menjalankan fungsinya untuk mengamankan data agar tidak digunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga dapat menyebabkan kerugian,” tutupnya. (Berita.Depok.Go.Id – JD 08/ED 02)

nineteen + 18 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − thirteen =