Talkshow Radio “Pentingnya Taman Bermain di Depok”

Talkshow Radio “Pentingnya Taman Bermain di Depok”

 

Depok, Rabu (28/11) Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar talkshow di Radio MPM Cemerlang 107,2 FM mengenai Pentingnya Taman Bermain di Depok sebagai Kota Layak Anak dengan narasumber Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Drg. Novarita.

Bermain merupakan kegiatan mendasar anak-anak. Melalui ajang tersebut, seorang anak bisa tumbuh dan berkembang, belajar berkomunikasi, bersosialisasi serta menstimulan ide-ide kreatif. Terlebih lagi, bila permainan tersebut mengandung unsur edukatif yang mendorong mereka untuk mengembangkan diri.

Maka itu, setiap anak pasti membutuhkan ruang gerak yang luas bermain. Ia bisa mengekspresikan dirinya, baik secara fisik maupun mental. Bahkan secara berkala, anak-anak perlu diajak bermain di tempat terbuka. Mereka pun bisa diajak mengunjungi tempat bersejarah, wisata alam atau tempat-tempat bermain edukatif lainnya.

Usia balita merupakan golden age atau masa yang paling baik untuk perkembangan anak. Menurut Ketua Himpunan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kota Depok, Romzah Saputra, memasuki masa keemasan ini anak potensi anak harus dioptimalkan melalui taman bermain.

Melalui taman bermain ini, seorang anak juga akan terlatih sisi kognitif, bahasa, sosial, dan emosionalnya. Pada usia ini pula, mereka akan mampu menangkap fenomena di sekitarnya dan apa-apa yang diberikan dengan cepat. Apalagi jika mereka bermain di bawah asuhan guru atau orangtua tentunya lebih berkualitas karena nilai-nilai positif bisa disisipkan.

Taman bermain merupakan pondasi bagi pembelajaran anak sehingga dapat menjembatani anak antara kehidupan di rumah dan kehidupan anak di sekolah nantinya.Di sinilah mulai pembentukan karakter anak mulai terbentuk. Anak-akan menjadi sosok yang lebih memahami lingkungan dan tidak menjadi sosok yang mau menang sendiri.

5 − two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 8 =