Talkshow Radio “Internet Sehat”

Talkshow Radio “Internet Sehat”

 

Sebuah program yang sangat menarik jika dicermati. Program ini mengajak dan menghimbau semua kalangan masyarakat, terutama dalam hal ini di khususkan untuk para orang tua melakukan pengawasan atau kontrol pada anak ketika mereka mengakses internet.

Jumat (30/11/12), Diskominfo beserta Kepala Diseminasi Informasi Publik Kota Depok, mengadakan Talkshow dan interaktif di Radio POP 103,0 FM Jakarta. Talkshow radio yang berlangsung pukul 09.00-10.00 WIB atau kurang lebih 1 jam ini, berbicara mengenai “Internet Sehat” secara umum.

Kepala Seksi Diseminasi Informasi Publik, Shintya Febrinadewi, SS, M. Si memaparkan beberapa upaya yang sudah  dilakukan pemerintah Kota Depok untuk pengawasan warnet, diantaranya:

–          Sudah memberikan himbauan untuk sekolah mulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP)

–          Membatasi jam kunjungan anak ke warnet

–       Sudah memberikan himbauan ke tiap Kelurahan dan Ibu-ibu PKK untuk ikut serta dalam pengawasan

Maraknya kejahatan di Internet atau Jejaring Sosial, membuat pemerintah tergerak untuk menyuarakan program ini, guna kenyamanan bersama. Kejahatan Internet atau yang biasa disebut dengan Cyber Crime, mulai meresahkan para orang tua. Banyak peristiwa yang akhirnya membuat para orang tua membekali anak-anak mereka alat-alat komunikasi agar mudah melakukan komunikasi dengan anak.

Para orang tua kini tak segan-segan membelikan atau memberikan anak mereka yang seharusnya belum pantas untuk anak-anak gunakan. Seperti contohnya: smartphone, ipad, dan gadget lainnya. Alat komunikasi seperti ini, justru akan membuat mereka dengan mudah mengakses internet. Sehingga menimbulkan kecanduan internet pada anak.

Beberapa tips untuk menghindari anak dari kecanduan dan bahaya internet, khususnya untuk para orang tua:

–          Sebaiknya, orang tua juga mengerti dan menguasai Teknologi Internet atau gadget yang diberikan pada anak.

–          Meletakkan komputer di tempat yang terjangkau oleh orang tua atau keluarga.

–          Bantu agar anak dapat membuat keputusan sendiri

–          Batasi penggunaan internet

–          Jaga Komunikasi yang baik dengan anak

 

 

18 + twelve =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =