Talkshow Radio “Depokku Bersih dengan Memilah Sampah”

Talkshow Radio “Depokku Bersih dengan Memilah Sampah”

 

Depok, Rabu, (28/11) Seksi Diseminasi Informasi Publik menggelar talkshow radio Pop 103 FM di Mall Depok Jl. Margonda Raya dengan narasumber Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Depok.Drs. Zamrowi, M. Si.

Gerakan memilah sampah terbentuk dari adanya rasa ingin menjadikan Kota Depok menjadi Kota yang bersih dan nyaman bahkan bebas dari banjir serta rasa kepedulian terhadap lingkungan yang hijau dan asri. Membuang sampah sembarangan hampir dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.

Gerakan ini merupakan program pemerintah guna meningkatkan penghijauan di Kota Depok dan mendukung program Pemerintah Kota Depok Bersih dan Hijau. Upaya yang sudah hampir berapa tahun sebelumnya dicanangkan, sempat tersendat karena beberapa kendala. Namun, kini gerakan memilah sampah sudah mulai digerakkan kembali, tepatnya pada Agustus 2012 ini,” ujar Kepala BLH Kota Depok.

Pemerintah telah berupaya mengoptimalisasikan gerakan ini, dengan memfasilitasi sebuah gerobak sampah yang diberikan ke tiap Kelurahan,Kecamatan, dan tingkat terkait. Bahkan, telah terbentuk Bank Sampah di beberapa titik di Kota Depok. Bank sampah hampir sama dengan bank-bank lainnya. Namun, bank sampah yang dimaksud adalah wadah penerimaan sampah dari masyarakat yang kemudian mereka akan merasakan hasil dari setoran sampah ke bank sampah.

Bank sampah sudah mulai digerakkan oleh ibu-ibu PKK di tiap Kelurahan atau Kecamatan, dan juga ada beberapa sekolah di Depok yang telah menerapkan bank sampah ini di sekolah. Siswa/i diwajibkan membawa sampah dari rumah setiap minggunya, kemudian mereka masukkan ke bank sampah yang ada di sekolah. Hasil yang didapat akan digunakan untuk kebutuhan kelas mereka masing-masing.

Program ini akan berjalan dengan baik, jika kita memulainya dari lingkungan keluarga terlebih dahulu. Mengapa? Karena lingkungan keluarga adalah awal dari proses pembetukan pola pikir sebelum dari lingkungan luar. Sehingga, semakin ditanamkannya rasa kepedulian pada lingkungan sekitar, semakin tinggi pula keinginan untuk memelihara serta memberikan yang terbaik untuk lingkungan dan Kotanya agar menjadi bersih.

 

17 − 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + five =