Talkshow Radio “Dengan IMB, Anda Senang Semua Senang”

Talkshow Radio “Dengan IMB, Anda Senang Semua Senang”

 

Setiap bangunan yang berdiri di Kota Depok harus memiliki surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini harus dipenuhi agar bangunan yang berdiri sesuai dengan tata ruang yang ditentukan atau tersirat dalam Perda No 12 tahun 2012, tentang retribusi IMB. Perlu juga diketahui, bahwa dengan membuat IMB maka secara langsung turut berpartisipasi membangun Kota Depok. Dengan IMB, bangunan yang didirikan memiliki izin, dan retribusi IMB dapat digunakan untuk melayani masyarakat Depok.

Kamis, 22 November 2012, Diskominfo beserta Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Depok Drs. Sri Utomo, M.Si, mengadakan Talkshow dan interaktif di Radio MPM-Cemerlang 107,2 FM. Talkshow radio yang dimulai pukul 09.00-10.00 WIB atau kurang lebih 1 jam ini, berbicara mengenai “Izin Mendirikan Bangunan (IMB).”

Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah surat izin yang dikeluarkan oleh Walikota atau atas nama Walikota agar masyarakat dalam mendirikan bangunan, sesuai dengan rencana tata kota atau tata ruang kota. Dengan izin tersebut, masyarakat dapat memberikan kontribusi berupa retribusi Bangunan sehingga dapat meningkatkan pemdapatan Daerah. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 7 Tahun 1999.

Bangunan apa sajakah yang harus memiliki IMB? Menurut Kepala BPMP2T Kota Depok “Surat izin mendirikan bangunan wajib dimiliki setiap masyarakat yang akan mendirikan bangunan dan usaha, atau pada setiap bangunan yang berdiri di atas tanah baik permanen maupun semipermanen.”

Terkait dengan Perda No 12 tahun 2012 mengenai retribusi, retribusi IMB dapat dilihat dalam dua aspek. Aspek pertama Ijin Gangguan (HO), maksudnya apabila seseorang belum memiliki ijin usaha, maka retribusi yang bersangkutan harus dicek kembali. Retribusi IMB adalah biaya Izin Mendirikan Bangunan yang dihitung berdasarkan luas secara fisik, biaya leges dan biaya pembuatan plat IMB. Mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah, pendirian bangunan dikategorikan berdasarkan peraturan zonasi tata ruang.

Pembuatan IMB harus melalui persyaratan yang sudah tersedia, persyaratannya disesuaikan dengan IMB yang akan didirikan. Seperti: Foto copy KTP, Bukti Kepemilikan Tanah, Akte Perusahaan (jika ingin mendirikan perusahaan), dsb. Untuk informasi lebih lanjut, warga dapat langsung datang ke loket informasi untuk menanyakan proses pengurusan IMB atau dapat dilihat di website resmi Dinas BPMP2T Kota Depok. Proses pembuatan perizinan tidak akan memakan waktu lama, apabila semua persyaratan atau dokumen telah memenuhi syarat ketentuan yang diberikan.

14 + one =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =