Sosialisasi Internet Sehat di SDN Mampang 1 dan SDN Mampang 3

Sosialisasi Internet Sehat di SDN Mampang 1 dan SDN Mampang 3

Mobil Community Access Point (MCAP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menyosialisasikan penggunaan internet sehat kepada pelajar di SDN Mampang 1 Depok dan SDN Mampang 3 Depok, Kecamatan Pancoran Mas, pada 16-18 Januari 2023. Sasarannya adalah murid kelas 6.

Misinya, agar anak dapat lebih bijak dalam menggunakan internet, khususnya sosial media. Sebab, tak hanya memberikan manfaat, internet dalam perkembangannya ternyata juga memunculkan banyak masalah baru. Konten-konten negatif bertebaran di dunia maya. Perilaku masyarakat juga sudah jauh bergeser dari nilai-nilai bangsa timur.

Bahkan, dalam laporan terbaru Digital Civility Index (DCI) pada 2020, netizen Indonesia menempati urutan terbawah se-Asia Tenggara, alias paling tidak sopan. Belum lagi terkait dampak lainnya seperti maraknya konten negatif, kecanduan sosial media, cyberbully, dan predator online.

“Tengok, beragam kasus cyberbully yang diberitakan media massa. Juga, kasus-kasus predator online dan maraknya kasus-kasus UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik),” kata kata Tim MCAP Abdul Madjid saat memberikan penjelasan di SD Mampang 1 pada Rabu (17/1/2024).

“Jadi, ingatlah! Pahami lebih dalam untuk apa kamu punya akun sosial media? Apakah untuk berkomunikasi, untuk belajar, atau untuk bermain? Kalau memang untuk belajar, hal-hal apa saja yang bisa dipelajari?” Madjid menambahkan.

Mari jadikan internet sebagai wadah berkreasi dan sarana untuk maju. “Banyak hal positif yang bisa kita lakukan dengan internet. Tak hanya bermain game, anak-anak juga bisa belajar membaca, mengaji, belajar Bahasa Inggris, dan lainnya. Terlebih saat ini, sudah banyak game-game yang mengasah keterampilan dan pengetahuan,” tandas Madjid. (Diskominfo)

6 − 1 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 15 =