Sosialisasi Internet Sehat di SDN Depok Baru 3

Sosialisasi Internet Sehat di SDN Depok Baru 3

Sosialisasi internet sehat untuk masyarakat khususnya para pelajar melalui Mobile Community Access Point (MCAP) terus berlanjut. Pada Kamis (1/2/2024), MCAP Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menyambangi SDN Depok Baru 3.

Petugas MCAP Diskominfo Kota Depok, Fajar memaparkan materi mengenai dampak positif dan negatif dalam penggunaan internet kepada puluhan pelajar.

“Penggunaan gadget yang berlebihan, ternyata dapat mengakibatkan kecanduan loh, jadi harus hati-hati,” ucapnya.

“Pilihlah konten-konten yang berisi pelajaran. Batasi bermain game dan gunakan internet secara baik,” Fajar menambahkan.

Selain teori, para pelajar juga diajak praktik langsung menggunakan tools internet pada komputer MCAP, antara lain www.proprofs.com, www.quizizz.com, dan www.kiddle.co.

Kepala Sekolah SDN Depok Baru 3, Iwan Setiawan mengapresiasi. Kegiatan seperti ini, menurutnya, sangat bermanfaat untuk para pelajar.

Sebab, selain sisi positif, keberadaan internet juga memberikan dampak negatif.

Terlebih, bila anak sudah mengalami kecanduan gadget. Anak lebih rentan mengalami depresi dan mudah menyendiri.

“Kami juga memiliki kekhawatiran yang sama. Makanya, kami juga intens menyosialisasikan cara memilih dan memilah apa yang akan kita buka di internet. Antara lain lewat mata pelajaran, seperti di PPKN ada pembahasan mengenai kegiatan sehari-hari anak dibatasi untuk membuka internet. Tujuannya untuk menghindari hal-hal negatif,” paparnya.

“Kegiatan semacam ini memang harus terus digalakkan sejak usia dini. Sehingga, anak-anak kita kedepannya menjadi generasi yang cerdas, tidak gampang terjerumus budaya-budaya negatif,” tandasnya. (Diskominfo)

eighteen − 2 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 7 =