Setelah TTE, Aplikasi DSW Juga Mendapat Apresiasi

Setelah TTE, Aplikasi DSW Juga Mendapat Apresiasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Depok, Manto, mewakili Wali Kota Depok, Mohammad Idris menerima penghargaan Apresiasi Pemerintah Daerah Indonesia (APDI) 2023 pada kategori Transformasi Digital Terintegrasi.

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dinilai mampu menerapkan transformasi digital dengan berinovasi menciptakan Depok Single Window (DSW), portal tunggal layanan publik.

Dengan keberadaan DSW, kata Manto, masyarakat Kota Depok tak perlu lagi menghapal berbagai alamat web dan tak perlu mengakses satu persatu web layanan publik. 

“Cukup satu pintu ,lewat DSW. Masyarakat bisa mendapat informasi dan layanan semisal dalam masalah kesehatan. Tak perlu datang ketika ingin berobat ke Puskesmas, cukup dengan mendaftar lewat aplikasi DSW. Begitu juga dalam pendidikan, perpajakan, dan lainnya,” ucap Manto usai menerima penghargaan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Aplikasi Depok Single Window (DSW) mulai dikembangkan sejak 2017. Berawal dari 17 layanan hingga sudah terdapat 146 layanan saat ini.

DSW sudah diinstal lebih dari 313 ribu kali di Playstore dengan lebih dari 35 ribu pengguna aktif. Adapun di Appstore, DSW sudah diinstal lebih dari 8.500 kali dan memiliki rating 4+.

“Ini merupakan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. Tentunya, kami terus melakukan pengembangan dan melakukan kerjasama dengan instansi lain, seperti KPU Kota Depok, BNN, Kejaksaan, dan sebagainya,” Manto menambahkan.

APDI 2023 merupakan kerja sama B-Universe dengan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

APDI 2023 melakukan seleksi terhadap 548 pemerintah daerah sejak Juni 2023. Kemudian dipilih 115 pemerintah daerah untuk mengirimkan berkas inisiatif masing-masing, hingga akhirnya terpilih 35 inisiatif. Saat tahap penjurian secara virtual terpilih 21 inisiatif pemerintah daerah yang berhak mendapat penghargaan. 

Mengutip pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, APDI 2023 merupakan langkah baik yang digagas B-Universe untuk bisa memotivasi para kepala daerah agar terus berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan.

Sebelumnya, Pemkot Depok juga meraih penghargaan Sandikami Awards 2023 dari Provinsi Jawa Barat. Kota Depok terpilih sebagai pemerintah daerah kabupaten dan kota dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) terbaik tahun 2023, kategori integrasi aplikasi menggunakan TTE terbanyak. (Diskominfo)

nineteen + two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 3 =