Sekda Sebut Hasil DepICTA Sempurnakan Layanan Digital yang Dimiliki Depok

Sekda Sebut Hasil DepICTA Sempurnakan Layanan Digital yang Dimiliki Depok

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri memuji kompetisi Depok ICT Award (DepICTA) tahun 2023 yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok.

Menurutnya, ajang ini menjadi ruang atau wadah berkreasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi di kalangan pelajar dan mahasiswa agar semakin menyempurnakan layanan digital di Kota Depok. 

“Saya melihat sendiri potensi dari para peserta sangat baik. Mereka telah berkreasi dengan baik untuk memberikan ide dan gagasan melalui teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyempurnakan layanan digital yang dimiliki Kota Depok,” tuturnya, usai menghadiri acara puncak DepicTa Tahun 2023 di Aula Dibaleka II Lantai 10, Balai Kota Depok, Sabtu (21/10/23).

Dikatakannya, para peserta juga telah mendukung program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Yakni dengan berkompetisi Desain UI/UX untuk semakin menyempurnakan aplikasi Depok Single Window (DSW) sebagai Portal Tunggal Layanan Publik. 

Dengan begitu, aplikasi DSW dapat lebih memberikan kenyamanan dan kemudahan pemakaian produk digital bagi pengguna.

Kemudian pengalaman yang dirasakan pengguna juga semakin baik ketika sedang menggunakan aplikasi secara menyeluruh. 

Begitu juga dengan Kompetisi Desain Virtual Tour Ruang Publik. Hasil dari lomba ini tentu membantu pemerintah dalam mensosialisasikan tempat wisata dan ruang terbuka yang ada di Kota Depok melalui virtual. 

“Tentunya semua ini untuk memberian layanan bagi masyarakat agar semakin cepat dan mudah dengan kemajuan teknologi,” ujar Bang SS, sapaan akrab Sekda Kota Depok, Supian Suri.

“Semua hanya dengan genggaman, mau pelayanan kesehatan, dokumen kependudukan ada di DSW, begitu juga jika ingin melihat alun-alun bisa secara virtual” ungkapnya. 

Ia menambahkan, Depicta juga memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah yang masif dalam pemanfaatan TIK, sehingga ini semakin mendorong Perangkat Daerah untuk aktif menggunakan TIK dalam kerja-kerja mereka.

“Agar bisa saling mendukung, baik warga dan pemerintah nya memanfaatkan TIK untuk memudahkan aktivitasnya,” ungkapnya. 

Dirinya berharap kolaborasi dalam pemanfaatan TIK semakin dapat dirasakan manfaatnya, yaitu pemanfaatan TIK ini untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Depok. 

“Kami ingin TIK bisa melekat pada Kota Depok, warganya bisa memanfaatkan layanan yang memudahkan,” ucapnya.

“Kemudian, Perangkat Daerah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) juga bisa semakin produktif, karena inovasi yang memudahkan kerja-kerja mereka,” tutupnya. (Berita Depok -JD03/ED02)

3 × two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + nineteen =