Ringkasan Kegiatan Finalisasi Metadata Tahun 2023

Ringkasan Kegiatan Finalisasi Metadata Tahun 2023

Sejumlah pemateri di kegiatan Finalisasi Metadata Pemerintah Kota Depok Tahun 2023 memaparkan berbagai hal mengenai keutamaan data. Satu di antaranya, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Depok, Agus Marzuki Prihantoro.

Dalam kesempatan tersebut, Agus memberikan paparan terkait data mulai dari data statistik sektoral mulai dari peran statistik sektoral dalam mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN), proses bisnis statistik, hingga mengenai kualitas data. Hal ini penting dalam mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI). Sebagaimana amanat Presiden Jokowi bahwa SDI dapat menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar-instansi pusat serta daerah.

SDI terhubung dengan seluruh portal data di masing-masing instansi pemerintahan. Beragam jenis data baik statistik, spasial, maupun keuangan di seluruh strata pemerintah akan bermuara di portal SDI.

Itulah mengapa, perlu data yang berkualitas. “Bila mengacu capaian tingkat penyelenggaraan statistik sektoral, data yang berkualitas meliputi data yang relevansi, akurasi, aktualitas dan ketepatan waktu, koherensi dan keterbandingan, serta aksesibilitas dan interpretabilitas,” katanya saat kegiatan Finalisasi Metadata di Safari Royal Garden Resort & Convention, Kabupaten Bogor pada 24-25 Agustus 2023.

Pada kesempatan tersebut, hadir juga Kepala Seksi Persandian di Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Depok, Muh. Farid. Farid memaparkan mengenai internet aman yang menekankan penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku, tanpa membahayakan keamanan diri sendiri ataupun orang lain. 

Perilaku berinternet terbilang penting saat ini. Ada sejumlah bahaya yang dapat ditimbulkan apabila internet tidak aman, seperti pencurian data atau informasi pribadi, pelanggaran privasi, pelanggaran hak cipta, dan lain sebagainya.

“Keamanan data adalah menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data, serta untuk mencegah kebocoran informasi sensitif yang dapat berdampak negatif pada individu, organisasi, atau entitas lainnya,” ucapnya pada kesempatan yang sama.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto, dalam sambutannya menjelaskan penyusunan metadata  merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Dengan disusunnya metadata, diharapkan akan lebih memudahkan pengguna data dalam memahami data yang ditampilkan. Karena salah satu fungsi metadata adalah untuk memberikan informasi tentang data, baik secara konsep, definisi, rumus dan interpretasi.

Dalam kesempatan tersebut, Manto juga berharap supaya perangkat daerah bisa melengkapi data yang kurang, “Sehingga seluruh metadata dapat dilakukan finalisasi dalam kegiatan ini, dan selanjutnya dapat dilakukan input metadata ke portal sadepok,” tandasnya. (DISKOMINFO)

thirteen + nineteen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =