Review Masterplan Teknologi Informasi Kota Depok

Review Masterplan Teknologi Informasi Kota Depok

Prof.Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat dalam pemaparannya di hadapan para Aparatur Sipil Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, menyampaikan bahwa idealnya dalam satu kota itu memiliki pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Menurut Dosen STEI ITB ini, Pemerintah Kota Depok masih dalam tahap menghubungkan data dan informasi yang ada di berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), saat berlangsung review masterplan Teknologi Informasi Kota Depok di Diskominfo Depok GedungĀ  Dibaleka II Lantai 7, Kamis (4/9/2014).

Untuk memutahirkan perencanaan pembangunan dalam pengembangan sistem Teknologi Informasi (TI) di Kota Depok untuk Tahun 2015 sampai 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok melakukan review terhadap masterplan Teknologi Informasi di Kota Depok yang sudah ada.

Dalam hal ini, maksud dan tujuan dilakukan review yaitu untuk menyusun masterplan teknologi informasi yang mengacu kepada visi, misi, dan objektives dari Kota Depok, sebagai landasan dalam pengembangan TI di Kota Depok dalam waktu lima tahun ke depan 2015-2020.

Untuk lingkup kegiatan yang akan dilakukan sebagai acuan diantaranya melakukan survey mengenai kondisi eksisting Kota Depok dengan membandingkannya kondisi pada masterplan sebelumnya, melakukan kajian terkait trend di bidang TI, melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan OPD dan stakeholder Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kota Depok, serta menyusun masterplan TI Kota Depok untuk tahun 2015 hingga 2020 sebagai pengembangan sistem TI di Kota Depok yang mendukung kepada penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik, dan proses dalam menunjang keperluan bisnis.

Saat ini, Depok sendiri menggulirkan program unggulannya, salah satunya Depok Cybercity berbasis komunitas. Nantinya akan diarahkan menuju Smartcity sebagai sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya atau pun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.

Selanjutnya, Review Masterplan TI ini akan menghasilkan Buku Masterplan TI Kota Depok 2015-2020 yang berisi Identifikasi arah pemerintahan, Identifikasi strategi dan peran TI, Assesment kondisi TI saat ini, Analisa dan penyusunan Desain Arsitektur TI, Analisis kesenjangan dan prioritas dan Roadmap TI. (Manapar Manullang/ Diskominfo)

2 × 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =