Rencana Induk Smart City Kota Depok Diapresiasi Pemerintah Pusat

Rencana Induk Smart City Kota Depok Diapresiasi Pemerintah Pusat

diskominfo.go.id-Pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia memberikan penghargaan berupa piagam kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Hal tersebut sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan  Pemkot Depok dalam menyusun rencana induk (masterplan) Kota Cerdas (Smart City) Kota Depok.

“Alhamdulillah, penghargaan ini diberikan kepada daerah-daerah yang sudah membuat masterplan Smart City. Termasuk Kota Depok,” tutur Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, Setda Kota Depok, Sri Utomo kepada depok.go.id, usai menerima penghargaan tersebut di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (06/11/2019).

Dikatakannya, dalam mewujudkan program Smart City di Kota Depok tidak bisa dilakukan oleh pemerintah semata. Namun, menurutnya, membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat.

“Program Smart City merupakan kerja kolaboratif yang melibatkan seluruh stakeholder, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono menuturkan, pihaknya telah menyelesaikan penyusunan masterplan Smart City sejak bulan Oktober lalu. Terdapat tiga program cepat (quick win) yang menjadi prioritas utama dalam penerapan Smart City di Kota Depok.

“Untuk quick win memang tidak bisa diambil semuannya, Kita pilih yang hanya menjadi prioritas yaitu aplikasi Depok Single Window (DSW), aplikasi Hai Depok, dan Program Smart Healthy City (Kota Sehat),” katanya.

Dirinya menambahkan, masterplan yang disusun tersebut telah mewakili kebutuhan pembangunan Kota Depok ke depan. Sebab, menurutnya, saat proses penyusunannya, pihaknya juga melibatkan seluruh stakeholder. Mulai dari akademisi, pengusaha, komunitas, hingga media.

“Jadi, masterplan yang kita susun ini memang benar-benar mewakili apa yang menjadi kebutuhan dalam pembangunan Kota Depok ke depan, karena melibatkan seluruh elemen,” tandasnya.

ppid@diskominfo

10 − 3 =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 16 =