PPID Kota Depok Kembali Adakan Rapat Evaluasi

PPID Kota Depok Kembali Adakan Rapat Evaluasi

depok.go.id – Guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khususnya layanan informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) se-Kota Depok menggelar rapat evaluasi PPID di Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Dibaleka II lantai 7, Rabu (22/04/15).

Dalam paparannya, Edy Juhendi selaku PPID Diskominfo mengatakan, agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat bersinergi untuk memanfaatkan website dinas dan kecamatan dengan selalu memutahirkan data kegiatan sehingga publik dapat mengakses informasi yang memang seharusnya diketahui oleh publik.

Terkait dengan tugas dan fungsi PPID selaku pengelola informasi Badan Publik, Kepala Diskominfo Kota Depok M. Fitriawan menegaskan agar PPID, di tahun 2015 merumuskan langkah-langkah yang ingin dicapai ke depan sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan informasi kepada masyarakat, melakukan pembinaan dan asistensi kepada operator PPID pelaksana, agar nantinya Sumber daya PPID siap memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat akan informasi.

Pada rapat tersebut, beberapa PPID dari Dinas mengemukakan kendala yang mereka hadapi selama ini. Salah satunya, satu operator merangkap dua sampai tiga kegiatan. Untuk itu, mereka berharap Diskominfo ke depan dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Pada akhir rapat dirumuskan beberapa poin penting antara lain memaksimalkan peran PPID di setiap OPD, monitoring website PPID seperti update berita terakhir dari masing-masing OPD dan update konten serta menyusun informasi yang dikecualikan di OPD masing-masing misalnya nota dinas, draft surat yang belum disahkan, data pribadi PNS, dan lain-lain.

Selain itu, Kadiskominfo menyerahkan secara simbolis buku peraturan Keterbukaan Informasi Publik kepada PPID Pembantu Inspektorat, yang di dalamnya terdapat pembahasan Undang-Undang KIP, Peraturan Komisi Informasi, Peraturan Walikota dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya buku panduan tersebut para PPID akan semakin terbantu dalam melayani informasi publik.

Hasil evaluasi ini nantinya akan disampaikan kepada Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il dan Sekretaris Daerah Ety Suryahati sebagai laporan  untuk memacu PPID agar lebih giat lagi.

Penulis : Vidyanita Iqomah

Editor : Manapar Manullang/Rahma Pratiwi – Diskominfo

four × 5 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + one =