Petugas 112 Diskominfo Dilatih Sistem Informasi Kebencanaan oleh Kemenkominfo

Petugas 112 Diskominfo Dilatih Sistem Informasi Kebencanaan oleh Kemenkominfo

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terpilih menjadi pelaksanaan uji coba sistem informasi kebencanaan atau Disaster Prevention Information System (DPIS) oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kali ini sebanyak enam petugas Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 Diskominfo mendapat pelatihan sistem informasi kebencanaan. 

Pelatihan ini merupakan tindaklanjut dari kerja sama yang dilakukan terkait pelaksanaan uji coba sistem informasi kebencanaan, beberapa bulan lalu.

Kepala Diskominfo Kota Depok Manto mengaku bangga dan menyambut baik karena telah terpilih sebagai pelaksanaan uji coba sistem informasi kebencanaan atau DPIS. 

“Sebelumnya Kota Depok juga terpilih sebagai salah satu kota untuk Pilot Project Kemenkominfo dalam pengoperasian NTPD 112 dan kali ini terpilih lagi untuk pelaksanaan uji coba sistem informasi kebencanaan. Saya menyambut baik dan bangga atas kepercayaan ini,” ujarnya, usai membuka kegiatan pelatihan di D’Cor, Balai Kota Depok, Selasa (02/07/24).

Dijelaskannya, DPIS merupakan proyek hibah antara Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Jepang yang diwakili oleh JICA.

“Ini kegiatan lanjutan berupa pelatihan setelah sebelumnya dilakukan uji coba tes koneksi untuk pengembangan sistem,” ujarnya.

“Nantinya, sistem ini akan mengirimkan peringatan dini terkait adanya bencana, misal gempa bumi dan tsunami,” jelasnya.

Manto menyebut, pelatihan ini meliputi penggunaan aplikasi DPIS di PC dan smartphone, dari mulai login sampai munculnya pop notification saat terjadi gempa.

Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam. Dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya.  

“Antisipasi lebih dini bisa kita lakukan jika sistem ini sudah terinstal di smartphone masing-masing,” tambah Manto.

“Ke depan harapan kami, Kominfo juga bisa memberikan pelatihan lainnya, selain softskill, sebagai bentuk pembinaan,” tutupnya. (berita.depok.go.id – JD 08/ED 02)

1 + 14 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =