Persiapan Implementasi siMaya bagi Aparatur Pemkot Depok

Persiapan Implementasi siMaya bagi Aparatur Pemkot Depok

Dalam rangka persiapan implementasi aplikasi e-office berupa aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik pada Instansi Pemerintah yang dikenal sistem administrasi perkantoran maya atau disingkat siMAYA, Kementrian Kominfo bersama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengadakan pelatihan siMAYA untuk seluruh OPD Kota Depok pada tanggal 11-12 Juni 2014 di Wisma Hijau, Mekarsari.

Kasi Aplikasi Layanan Kepemerintahan Daerah Direktorat E-Government Liandry Simanungkalit yang pagi tadi menjadi narasumber mengatakan bahwa siMaya merupakan aplikasi e-office yang telah disempurnakan dari aplikasi e-office sebelumnya yaitu Kantaya (Kantor Maya). Aplikasi ini digunakan untuk menginformasikan surat, nota dinas atau surat lainnya antara pejabat eselon dan staff secara online di satu instansi ataupun antar instansi.

“siMaya bermanfaat untuk memotong rantai jalur kerja yang cukup panjang yang menyebabkan pelayanan kepada masyarakat cenderung lambat akibat lambatnya proses surat menyurat,” ujarnya.

Seringkali sebuah kegiatan yang harus segera dilaksanakan namun karena jalur persuratan yang cukup panjang dan lama menyebabkan sebuah instansi lambat mengadakan kegiatan tersebut. Faktor ini terkadang disebabkan karena pejabat yang bersangkutan sedang tidak berada ditempat.

“Dengan aplikasi ini pimpinan tertinggi instansi dapat menerima pemberitahuan sehingga bisa mendisposisikan surat tersebut ke stafnya yang berwenang sehingga segera bisa ditindak lanjuti,” tambah Liandry.

“Sampai saat ini ada 143 instansi yang menggunakan aplikasi ini, baik dari Kementerian, Pemprov ataupun Pemkot, diharapkan dengan terus diadakannya pelatihan dan sosialisasi ini jumlah penggunanya akan bertambah,” harapnya. (Diskominfo)

17 − 3 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − four =