Perkuat Komunikasi Pemerintahan yang Efektif, Diskominfo Selenggarakan Sosialisasi

Perkuat Komunikasi Pemerintahan yang Efektif, Diskominfo Selenggarakan Sosialisasi

Dalam rangka penguatan komunikasi pemerintahan yang efektif, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok menyelenggarakan “Sosialisasi Pengelola Informasi Dikecualikan”. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, para narasumber dan para operator PPI (Petugas Pemberi Informasi) dari OPD se-Kota Depok. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Gedung Perpustakaan Kota Depok, Rabu (16/9/2015).

Acara sosialisasi ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Mohammad Fitriawan, ST, MT. Dalam sambutannya, beliau menghimbau para operator PPI untuk menjalankan fungsi penyampaian informasi di OPD masing-masing melalui website OPD maupun media sosial. Hal tersebut perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok.

Narasumber yang hadir dalam acara ini adalah Bapak Bejo Untung dan Bapak Agus Salim dari PATTIRO. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa kriteria Informasi yang Dikecualikan telah diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Pasal 17 dan tata cara pengecualiannya dilakukan berdasarkan Uji Konsekuensi Bahaya dan Uji Kepentingan Publik. Jika terjadi sengketa informasi, maka akan diselesaikan melalui Komisi Informasi yang ada di setiap provinsi.

Diakhir acara, para peserta berdiskusi tentang uji konsekuensi dan uji kepentingan beberapa contoh kasus yang disampaikan oleh beberapa peserta sosialisasi ini. Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan setiap OPD bisa menyusun draft informasi yang dikecualikan untuk dilakukan pembahasan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok. Setelah dilakukan pembahasan, maka data informasi yang dikecualikan tersebut akan disusun menjadi Peraturan Walikota.

two × 2 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =