Pembinaan Karakter ASN Diskominfo: Keutamaan Mencari Ilmu dalam Islam

Pembinaan Karakter ASN Diskominfo: Keutamaan Mencari Ilmu dalam Islam

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengikuti kegiatan Pembinaan Karakter bertajuk ‘Keutamaan Mencari Ilmu dalam Islam’, Rabu (15/11).

Dr. H. Encep Hidayat, MA selaku pembicara memaparkan dalil kewajiban menuntut ilmusekaligus manfaat dan hikmahnya. Menuntut ilmu sebagai jalan bagi ASN dalam mengembangkan kompetensinya dan beradaptasi terhadap perubahan, berinovasi mengembangkan kreativitas.

Keutamaan mencari ilmu dalam Islam dapat diuraikan menjadi 4 poin, yaitu dalil kewajiban menuntut ilmu, motivasi menuntut ilmu, keutamaan menuntut ilmu dan hikmah menuntut ilmu. 

“Jika seorang mempelajari ilmu agama secara tafaqquh atau pemahaman secara rinci, maka dia harus kembali ke kampung asalnya untuk memberikan pemahaman, bimbingan agama. Targetnya adalah menjaga dirinya”, ujar Encep.

Setiap manusia sulit menjaga dirinya dari ketentuan Allah manakala ketentuan Allah itu tidak dipahami. “Maka itu, Al Ghazali mengatakan ilmu itu imam dan pemandu terhadap amal, amal itu mengikuti ilmu,” Encep melanjutkan.

Persoalan duniawi sebagai instrumen kehidupan kita juga harus dipandu oleh ilmu. Dalam kondisi berkecamuk sekalipun atau dalam kondisi perang ilmu dibutuhkan. 

Tak hanya itu, ilmu juga harus dibagikan, karena orang yang berbagi ilmu tidak akan menjadi fakir. “Hidupnya suatu ilmu memang karena sering dibicarakan,” tandasnya. 

Menutup kegiatan pembinaan karakter, Kadiskominfo Drs. Manto M.Si menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan karakter ini dilaksanakan setiap bulan, hal ini sesuai dengan arahan Wali Kota Depok, sebelum kita sebagai ASN melayani masyarakat harus ada pembekalan dari segi religiusnya. Maka dari itu munculah program pembinaan karakter. (Diskominfo)

2 + 1 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − five =