Peduli lingkungan, Komunitas I-SO Terapkan Penanganan Sampah Terpadu

Peduli lingkungan, Komunitas I-SO Terapkan Penanganan Sampah Terpadu

diskominfo.go.id -Sebagai bukti cinta terhadap lingkungan, Komunitas Inspirasi Solusi Indonesia (I-SO) mengadakan penanganan sampah secara terpadu. Hal ini bertujuan untuk membantu menangani masalah sampah di Kota Depok.

“Ide awal kami untuk menangani sampah secara terpadu, berangkat dari wilayah kami yang kebetulan dekat pinggir kali yang penuh sampah. Untuk itu, sebagai bukti kontribusi terhadap lingkungan, kami berinovasi dengan membuat aplikasi I-SO untuk menangani sampah,”  tutur Pendiri Komunitas I-SO, Darmawan Haryanto kepada  diskominfo.go.id, usai melakukan audiensi dengan Diskominfo kota Depok di lantai 7, Gedung Dibaleka II, Selasa (13/08/2019).

Dikatakannya, dalam aplikasi tersebut terdapat tiga layanan. Yaitu I-Sort yaitu layanan pemilahan sampah dengan alat pemilah. Kedua, I-Take berupa layanan penjemputan sampah ke rumah-rumah yang menjadi mitra I-SO. Ketiga, I-Edu yaitu mengedukasi masyarakat untuk mencintai lingkungan.

“Selain itu, kita juga memiliki layanan I-Tram yaitu layanan pengolahan sampah organik dari lokasi-lokasi. Untuk pengelolaan sampah non-organik kita lakukan di showroom I-SO store yang merupakan salah satu retail di bidang lingkungan,” ujarnya,

Dirinya menambahkan, saat ini I-SO memiliki lima orang duta. Duta ini bertugas menjemput sampah yang ada di rumah-rumah warga yang menjadi mitra I-SO. Bagi warga yang ingin menjadi mitra I-SO, kata Darmawan, dapat menghubungi nomor 0811181835 dengan membayar retribusi sebesar Rp 299.000 sekali untuk seumur hidup.

“Kami berharap pengelolaan sampah secara terpadu dapat mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah, serta menarik masyarakat untuk menyetorkan sampahnya,” tandasnya.

ppid@diskominfo

3 × 4 =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 1 =