Memetakan Kebutuhan TIK untuk Pemerintahan

Memetakan Kebutuhan TIK untuk Pemerintahan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan suatu kebutuhan bagi suatu organisasi, dalam mendukung kegiatan-kegiatan organisasi dalam pencapaian tujuannya, termasuk juga tentunya dalam lingkungan Pemerintahan. Terkait hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) Review Master Plan Teknologi Informasi (TI) Kota Depok di Lantai 4 Gedung Dibaleka 2, Senin (29/12/2014) pagi.

Diskusi ini menghadirkan Prof. Suhono Harso Supangkat, Kepala Lembaga Pengembang Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai narasumber yang berkompeten dibidangnya. Hadir pula dalam kegiatan ini Perwakilan masing-masing OPD, komunitas bidang TI, dan beberapa praktisi Universitas serta tamu undangan.

Suhono menuturkan banyak peluang dan nilai tambah yang bisa diperoleh khususnya berkaitan dengan peningkatan mutu proses kerja di bidang pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Alasannya adalah teknologi informasi dapat diimplementasikan sebagai alat untuk membantu pemerintahan mencapai visi dan misinya.

“Berbagai kebutuhan inilah yang kemudian diterjemahkan menjadi kebutuhan sistem dan teknologi yang dikembangkan untuk menunjang proses operasional pelayanan khususnya di dalam Pemerintah Kota Depok”ujar Suhono.

Suhono juga menjelaskan ada beberapa kebutuhan mendesak TIK untuk Pemrintahan antara lain penyediaan fasilitas pengolahan informasi, penyediaan fasilitas monitoring bagi pimpinan kota, fasilitas telekomunikasi dan kolaborasi pada OPD-OPD. Beberapa hal tersebut dibutuhkan untuk manajemen internal pemerintahan. Sedangkan untuk pelayanan publik bagi masyarakat fasilitas TIK yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat sangat dibutuhkan, juga penyediaan informasi layanan publik harus diperhatikan.

Sementara itu Kepala Diskominfo, M. Fitriawan mengatakan harapannya agar yang dibahas hari ini bisa menambah wawasan dan memberikan hal positif khususnya dalam merencanakan TIK di Kota Depok. Serta ucapan terima kasih kepada para peserta yang hadir dan berpartisipasi dalam FGD kali ini.

“Yang Kami inginkan semoga dokumen masterplan yang sudah disusun oleh tim perumus di bidang TIK dapat diimplementasikan di Kota Depok sesuai dengan kebutuhan dan infrastruktur yang ada,” harap Fitriawan. (Nurul H/Diskominfo)

 

three − two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 8 =