Memanfaatkan Futsal Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja

Memanfaatkan Futsal Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja

Perlahan tapi pasti, jumlah pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok  yang mengikuti kegiatan futsal setiap pekan cenderung meningkat. Dari hanya 9 orang pada pekan pertama menjadi 20 orang pada pekan ketiga.

Fokusnya tentu bukan untuk berkompetisi, melainkan hanya membiasakan diri untuk  berolahraga, istilah sederhananya ‘cari keringat’ sambil menyalurkan hobi dan memupuk kekompakan antar pegawai.

“Saat futsal, kita bisa ketawa-ketawa bareng. Selain menjaga tubuh agar sehat dan bugar, ini pun bisa menjadi wadah melepas penat setelah bekerja, having fun saja,” ucap  Fariz, ASN Diskominfo Kota Depok di bidang Informasi dan Komunikasi Publik yang juga inisiator kegiatan futsal usai bermain futsal di Gedung Parkir Kompleks Wali Kota Depok, Rabu (31/1/2024).

Seperti olahraga pada umumnya, Futsal juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan mental. Dari sisi kesehatan, sejumlah literatur menyebut aktivitas fisik seperti berlari dan melompat ketika bermain futsal bisa meningkatkan detak jantung, serta meningkatkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.

Oksigen merupakan salah satu bahan yang diperlukan untuk menghasilkan energi oleh sel tubuh. Tanpa oksigen organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi baik, termasuk otak. Suplai oksigen ke otak akan berpengaruh terhadap daya tahan pikir seseorang. Semakin sehat akan semakin memiliki daya tahan berpikir yang relatif lebih lama.

Kondisi tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas dan kinerja. Telah banyak penelitian yang menyatakan, berolahraga terbukti bisa menunjang dan memicu produktivitas kerja. Asal dilakukan secara rutin dan terukur.

Ditemukan efek yang sangat signifikan dari gaya bekerja, ritme bekerja, serta semangat bekerja yang meningkat dari partisipan-partisipan yang menerapkan komitmen berolahraga di tengah kesibukan karier mereka.

Kemudian dari sisi mental. Futsal bermanfaat melatih sportivitas, kekompakan, kerjasama tim, dan kebersamaan.

Mengingat ragam manfaatnya, Fariz berharap lebih banyak lagi pegawai Diskominfo Kota Depok dapat mengikuti kegiatan ini. “Harapannya rutin ikut setiap Rabu. Enggak perlu jago, yang enggak bisa main juga silakan ikut. Buat gerak fisik aja,” tandasnya.

Sekadar informasi, selain futsal, sejumlah pegawai Diskominfo lainnya juga mulai menggerakkan kembali kegiatan jogging setiap hari Kamis pagi atau sore sepulang kerja. Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, tubuh akan sehat dan bugar. Seperti kata pujangga Romawi, Decimus Lunius Juvenalis, ‘Men Sana in Corpore Sano’, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan raga berpengaruh besar dalam jiwa seseorang. Orang yang sehat akan lebih bersemangat menghadapi aktivitas keseharian dibanding seseorang yang kurang sehat. (Diskominfo)

2 × 2 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =