Laporan NTPD 112 Tahun 2023, Terbanyak Kategori Evakuasi Hewan Liar

Laporan NTPD 112 Tahun 2023, Terbanyak Kategori Evakuasi Hewan Liar

Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 sepanjang tahun 2023 telah menerima sebanyak 514 laporan pengaduan kegawatdaruratan dari warga. Paling banyak laporan kategori Evakuasi Hewan Liar sebanyak 123 laporan. Sementara, laporan terendah mengenai kriminalitas yakni sebanyak enam laporan.

Dalam kategori evakuasi hewan liar, umumnya warga melaporkan mengenai ular, monyet, biawak, anjing liar, yang masuk ke pemukiman. Juga, munculnya sarang tawon seperti di dalam pelapon  atau di pekarangan rumah.

Urutan terbanyak kedua adalah laporan mengenai keamanan dan ketertiban umum sebanyak 104 laporan. Kategori ini merupakan gabungan beberapa laporan, seperti kabel listrik putus, percikan api di tiang listrik, kabel yang menjuntai ke jalan dan beberapa laporan mengenai keributan, pungli, gerombolan anak muda yang membawa senjata tajam (indikasi tawuran), dan tumpahan oli di jalan raya.

Ada juga laporan mengenai orang yang berkeliling membawa senjata tajam, orang mabuk, pengancaman, maling tertangkap, ormas bersitegang, balapan liar, ojek online dan kelompok pemuda bersitegang,  lampu penerangan jalan umum yang padam, serta kerumunan dan laporan lainnya yang meresahkan masyarakat.

Urutan ketiga laporan mengenai kebakaran sebanyak 61 laporan berupa kebakaran kabel listrik, lahan, kebun pohon bambu, stadion, pabrik makanan, rumah, gudang barang rongsok, toko pakaian, lapak rongsok, kandang ayam, tempat penampungan kabel, pohon, lapak sampah, bantaran kali, ruko, pabrik tahu, sampah, mobil, warung kopi, toko material, bangunan, toko kue, warung, sekolah, pipa gas, kios, dan ledakan di tiang listrik dan kabel yang terbakar.

Urutan keempat mengenai Kegawatdaruratan lain sebanyak 52 laporan berupa, penemuan mayat, indikasi sakit mental, penyalahgunaan fasum, pembongkaran trotoar, tumpukan plastik yang mencurigakan, merasa terancam oleh debt collector, kunci terjatuh ke selokan, jalan macet, indikasi penculikan, pengancaman, tumpahan semen cor di jalan raya, transaksi narkoba, teror,, pohon rawan tumbang, bantuan mobil jenazah, truk melintang, kunci tertinggal di bagasi, cincin tidak bisa dilepas dari jari, dan lainnya.

Adapun berdasarkan wilayah kejadian, paling banyak laporan berasal dari Kecamatan Sukmajaya sebanyak 84 laporan dan paling sedikit dari Kecamatan Bojongsari sebanyak 20 laporan.

Berdasar analisa service level NTPD 112 Kota Depok menunjukkan banyaknya telepon yang terjawab atau terlayani dalam kurun waktu yang telah ditetapkan yakni dalam kurang dari atau sama dengan 20 detik. Semakin besar service level, maka semakin banyak telepon yang berhasil dilayani. Sebaliknya, semakin kecil service level berarti banyak telepon yang tidak terlayani.

“Service level layanan Emergency Call 112 yang ditentukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah di angka 95 persen. Service Level NTPD 112 Depok pada tahun 2023 berada di angka 98 persen, melampaui target yang telah ditentukan,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto.

Telapon yang terlayani pada tahun 2023 sebanyak 85.146 yang terdiri dari 514 laporan kegawatdaruaratn, 4.191 informasi, 40.008 ghost call (telepon hening atau

senyap, dimana call taker sudah greeting tetapi tidak ada jawaban dari si penelepon), dan 40.433 prank call (telepon iseng).

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Bila Anda mengalami kejadian kegawatdaruratan, segera hubungi 112,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

5 × four =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 20 =