Laporan NTPD 112 Periode Januari 2024

Laporan NTPD 112 Periode Januari 2024

Laporan kegawatdaruratan di Kota Depok melalui layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode Januari 2024 mencapai 47 laporan. Terbanyak mengenai kategori kegawatdaruratan lain seperti laporan berupa kabel optik putus, kabel optik melintang di jalan, kabel listrik terbakar, kabel listrik menjuntai, dan ledakan di tiang listrik.

Juga, laporan lampu PJU padam, banyaknya ulat bulu di halte dan pekarangan warga, dan lainnya. Jumlah laporan di kategori tersebut, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto, mencapai 20 laporan.

“Laporan terkait kabel fiber Optik langsung kami koordinasikan dengan Dinas PUPR untuk diteruskan ke APJATEL (Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi), yang terkait listrik dikoordinasikan PLN, dan yang terkait PJU dikoordinasikan dengan Dishub,” ucapnya.

Laporan terbanyak selanjutnya adalah kategori evakuasi hewan liar sebanyak 8 laporan seperti ular dan sarang tawon yang muncul di pemukiman warga.

Lalu, kategori bencana alam sebanyak 7 laporan berupa pohon tumbang, kategori kebakaran 4 laporan, kategori Kesehatan 4 laporan, kategori penyelamatan 2 laporan, dan kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) 2 laporan.

“Semua laporan tersebut juga sudah langsung kami koordinasikan dengan instansi terkait. Evakuasi hewan liar dengan Damkar, pohon tumbang dengan DLHK dan DPUPR, kategori Kesehatan dengan 119 Dinas Kesehatan, dan PPKS dengan Dinsos,” jelasnya.

Laporan kegawatdaruratan di Kota Depok dikategorikan menjadi 12 kategori. Yakni, keamanan dan ketertiban umum, bencana alam, penyelamatan, kecelakaan, kebakaran, kekerasan dalam rumah tangga, kesehatan, evakuasi hewan liar, PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial), kriminalitas, kerusuhan dan kegawatdaruratan lain.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa. Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

Setelah Pemerintah Kota Depok mengambil alih pada Januari 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan koordinasi kepada Perangkat daerah serta unit-unit yang memegang peranan penting dalam penanganan kegawatdaruratan.

Antara lain Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Depok.

Juga, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Satpol PP, Kepolisan, Tagana, PMI, PLN,  dan BNN.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

one × two =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =