Laporan Layanan Panggilan Darurat 112 Periode Maret 2024

Laporan Layanan Panggilan Darurat 112 Periode Maret 2024

Laporan kegawatdaruratan di Kota Depok melalui layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode Maret 2024 mencapai 52 laporan. Terbanyak masih mengenai evakuasi hewan liar berupa ular, biawak, dan sarang tawon sebanyak 16 laporan.

Lalu, laporan kegawatdaruratan lain berupa gardu PLN meledak, ulat bulu, lampu PJU padam, kabel optik menjuntai, kabel fiber optik menjuntai, kabel listrik terbakar, tiang listrik terbakar, percikan api di kabel listrik, tiang listrik mengeluarkan api, permintaan pemutusan aliran listrik, mobil tersangkut di separator jalan, dan gardu yang mengeluarkan percikan api.

Selanjutnya laporan-laporan kegawatdaruratan bencana dan kecelakaan berupa pohon tumbang, banjir, dan kecelakaan sepeda motor.

“Setiap laporan yang masuk langsung kami koordinasikan dengan perangkat daerah terkait. Semisal evakuasi hewan liar, kami kordinasikan dengan Markas Komando Pemadam Kebakaran. Lampu PJU mati koordinasi dengan Dishub, laporan pohon tumbang dengan DLHK (Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan),” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Manto.

“Adapun laporan mengenai kecelakaan, kami langsung koordinasikan juga dengan Dinas Kesehatan dan Polisi Laka Lantas,” lanjutnya.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa. Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

Setelah Pemerintah Kota Depok mengambil alih pada Januari 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan koordinasi kepada Perangkat daerah serta unit-unit yang memegang peranan penting dalam penanganan kegawatdaruratan.

Antara lain Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Depok.

Juga, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Satpol PP, Kepolisan, Tagana, PMI, PLN,  dan BNN.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

nineteen − eleven =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + nine =