Laporan Layanan Panggilan Darurat 112 Periode Agustus 2023

Laporan Layanan Panggilan Darurat 112 Periode Agustus 2023

Laporan kegawatdaruratan melalui layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 di Kota Depok periode Agustus 2023 mencapai 50 laporan. Terbanyak mengenai keamanan dan ketertiban umum sebanyak 10 laporan, berupa kabel listrik terbakar, kabel menjuntai, percikan api di travo listrik, dan lampu penerangan jalan umum padam.

Selanjutnya, laporan mengenai kecelakaan kendaraan bermotor sebanyak 9 laporan, mengenai kebakaran 8 laporan, evakuasi hewan liar 5 laporan, dan sisanya laporan kegawatdaruratan lain, seperti indikasi penculikan, pengancaman, transaksi narkoba, tanah longsor, bencana alam, bantuan ambulance, serta pemerlu pelayanan dan kesejahteraan sosial.

Laporan-laporan tersebut, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Depok, Manto, sudah dikoordinasikan dengan perangkat daerah terkait.

“Misal, lampu padam, kabel listrik terbakar, percikan api di travo, kami koordinasikan langsung dengan PLN. Lalu, kebakaran dan evakuasi hewan liar dengan Damkar,” ucap Manto.

Dari hasil monitoring, laporan kegawatdaruratan periode Agustus 2023 berasal dari sejumlah kecamatan, seperti Kecamatan Sukmajaya sebanyak 11 laporan, Pancoran Mas 8 laporan, Cipayung 6 laporan, dan Cimanggis 4 laporan.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

Setelah Pemerintah Kota Depok mengambil alih pada Januari 2019, Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan koordinasi kepada Perangkat daerah serta unit-unit yang memegang peranan penting dalam penanganan kegawatdaruratan. 

Antara lain Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KeluargaBerencana Kota Depok.

Juga, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Satpol PP, Kepolisan, Tagana,PMI, PLN,  dan BNN.

Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Jika Sobat Depok melihat atau mengalami kegawatdaruratan, segera hubungi layanan 112 untuk dapat ditindaklanjuti oleh instansi terkait. (Diskominfo)

9 − 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 12 =