Laporan Layanan 112 Periode September 2023

Laporan Layanan 112 Periode September 2023

Laporan kegawatdaruratan melalui Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode September 2023 mencapai 42 laporan. Terbanyak mengenai evakuasi hewan liar yang memasuki area tempat tinggal warga.

Seperti yang terjadi di Perumahan Kopwani Village 2, Kalibaru, Cilodong pada 15 September. Seekor ular berukuran besar sepanjang 5 meter ditemukan di saluran air. 

“Setelah laporan masuk, langsung kami koordinasikan dengan Pemadam Kebakaran dan lansung ditindaklanjuti pada 15 September sekitar jam 5 sore,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Manto.

Tak hanya ular, ada juga laporan mengenai sarang tawon, biawak, dan monyet liar yang memasuki area pemukiman. “Total, ada 11 laporan mengenai evakuasi hewan liar pada periode September,” lanjutnya.

Lainnya mengenai laporan kebakaran yang terjadi di beberapa wilayah. Pada September, laporan mengenai kebakaran meningkat menjadi 10 laporan. “Ada laporan rumah terbakar, ruko terbakar, pabrik tahu, dan lainnya. Ini pun sama langsung kami koordinasikan dengan Pemadam Kebakaran,” ucap Manto.

Selain itu, laporan-laporan mengenai keamanan dan ketertiban umum seperti indikasi tawuran, ormas bersitegang, dan gerombolan anak muda yang meresahkan warga masih muncul. Juga, laporan-laporan seperti lampu PJU padam kabel listrik putus, kabel listrik lepas dari tiang, kabel menjuntai, percikan api di kabel listrik, hingga kabel listrik terbakar. 

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Bila Anda mengalami kejadian kegawatdaruratan, segera hubungi 112,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

2 × four =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 5 =