Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Mei 2023

Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Mei 2023

Laporan kegawatdaruratan melalui Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode Mei 2023 mencapai 49 laporan. Terbanyak kategori evakuasi hewan liar dan kegawatdaruratan lain mencapai 17 laporan. Evakuasi hewan liar seperti ular, sarang tawon, anjing liar, dan biawak yang masuk pemukiman dan mengganggu warga.

Adapun kegawatdaruratan lain seperti lampu PJU padam, tiang listrik terbakar, kabel listrik lepas dari tiang, pohon yang hampir tumbang, tumpahan oli, kabel listrik terbakar, kunci tertinggal di dalam mobil, kabel listrik yang putus terimpa pohon tumbang, gardu listrik terbakar, jalan bergelombang dan anak terkunci di kamar.

Berikutnya kategori kebakaran sebanyak 5 laporan berupa kebakaran rumah, toko material dan ruko. Lalu, kategori penyelamatan 4 laporan berupa kucing terjebak di plafon, kucing terjebak di dak teras atas, kucing terjebak di atap rumah, dan kucing terjebak di atas toren

“Semua sudah kami koordinasikan langsung dengan instansi terkait. Evakuasi hewan liar dan kebakaran, kami langsung koordinasikan ke Markas Komando Pemadam Kebakaran. Laporan terkait PJU dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan unit Penerangan Jalan Umum,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto.

Selanjutnya kategori Kemanan dan Ketertiban Umum, Kecelakaan, Kesehatan, masing-masing sebanyak 2 laporan. Laporan Kemanan dan Ketertiban Umum berupa indikasi tawuran, dikoordinasikan dengan Kepolisian. “Laporan kategori Kesehatan berupa permintaan bantuan ambulans dan pengendara motor yang sakit dikoordinasikan dengan 119 Dinas Kesehatan, laporan kategori Kecelakaan berupa tabrakan antara motor dengan mobil mobil dikoordinasikan dengan 119 Dinas Kesehatan dan Polisi Laka Lantas. Sedangkan kategori Bencana Alam, KDRT, PPKS, Kriminalitas, dan kerusuhan tidak ada laporan,” Manto melanjutkan.

Berdasarkan grafik periode Mei 2024, wilayah yang paling banyak laporan kegawatdaruratan ada di Kecamatan Sukmajaya sebanyak 14 laporan, lalu Kecamatan Sawangan sebanyak 9 laporan, Kecamatan Beji dan Tapos masing-masing sebanyak 5 laporan, dan Kecamatan Cilodong, dan Cimanggis masing-masing 4 laporan.

Kemudian, Kecamatan Bojongsari, Limo, dan Pancoran Mas, masing-masing sebanyak 2 laporan. Serta, Kecamatan Cinere dan Cipayung, masing-masing sebanyak 1 laporan.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Bila Anda mengalami kejadian kegawatdaruratan, segera hubungi 112,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

19 − eight =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =