Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Juni 2023

Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Juni 2023

Laporan kegawatdaruratan melalui Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode Juni 2023 mencapai 43 laporan. Terbanyak kategori evakuasi hewan liar mencapai 13 laporan berupa evakuasi ular dan biawak yang masuk pemukiman dan mengganggu warga.

Terbanyak berikutnya laporan yang masuk dalam kategori kegawatdaruratan lain mencapai 12 laporan berupa rolling door ruko yang terkunci dari dalam, borgol yang tidak bisa terlepas, jam tangan jatuh ke selokan, kabel terputus, lampu PJU patah, dugaan penggunaan obat-obatan terlarang dan miras, kabel optik menjuntai, lampu PJU padam, kabel listrik yang mengeluarkan percikan api, tiang listrik terbakar dan kunci tertinggal di dalam mobil.

Berikutmya adalah kategori Kesehatan sebanyak 6 laporan berupa bantuan medis dan ambulans, kecelakaan 4 laporan, kebakaran 3 laporan, bencana alam 2 laporan berupa pohon tumbang, dan kategori penyelamatan 2 laporan berupa anank kucing yang terjebak di paralon dan kucing yang terjebak di pohon.

“Semua sudah kami koordinasikan langsung dengan instansi terkait. Evakuasi hewan liar dan kebakaran, kami langsung koordinasikan ke Markas Komando Pemadam Kebakaran. Laporan terkait PJU dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan unit Penerangan Jalan Umum,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto.

Selanjutnya kategori Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) sebanyak 1 (satu) laporan orang denga gangguan jiwa (ODGJ) dikoordinasikan dengan Dinas Sosial. Sedangkan kategori Kemanana dan Ketertiban Umum, KDRT, Kriminalitas, dan Kerusuhan tidak ada laporan.

Berdasarkan grafik periode Juni 2024, wilayah yang paling banyak laporan kegawatdaruratan ada di Kecamatan Beji sebanyak 10 laporan, lalu Kecamatan Sukmaya dan Tapos, masing-masing sebanyak 7 laporan. Kemudian Kecamatan Pancoran Mas sebanyak 6 laporan, Kecamatan Sawangan sebanyak 5 laporan, Kecamatan Cilodong sebanyak 3 laporan.

Kemudian Bojongsari dan Cipayung masing-masing sebanyak 2 laporan, Kecamatan Limo sebanyak 1  laporan.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Bila Anda mengalami kejadian kegawatdaruratan, segera hubungi 112,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

nineteen − thirteen =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 3 =