Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Desember 2023

Laporan Kegawatdaruratan Layanan 112 Periode Desember 2023

Laporan kegawatdaruratan melalui Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 pada periode Desember 2023 mencapai 46 laporan. Terbanyak mengenai evakuasi hewan liar 12 laporan, seperti evakuasi ular, sarang tawon, hingga anjing liar yang masuk pemukiman dan mengganggu warga.

Urutan kedua sebanyak 8 laporan mengenai kecelakaan seperti tabrakan sepeda motor, truk terperosok ke dalam parit, hingga tabrakan antara mobil dan sepeda motor. Lalu, urutan ketiga laporan mengenai bencana alam berupa tanah longsor dan pohon tumbang.

“Semua sudah kami koordinasikan langsung dengan instansi terkait. Evakuasi hewan liar, kami langsung koordinasikan ke Markas Komando Pemadam Kebakaran, kecelakaan ke pihak kepolisian Laka Lantas dan Dinas Kesehatan Kota Depok, dan bencana alam ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dan Dinas PUPR,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto.

Begitupun laporan lainnya semisal mengenai keamanan dan ketertiban umum, kesehatan, dan kegawatdaruratan lainnya. Kemamanan dan Ketertiban Umum berupa gerombolan anak muda yang membawa senjata tajam (indikasi tawuran) dan lampu PJU yang padam dikoordinasikan dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan. 

Kategori Kesehatan berupa bantuan ambulan untuk warga yang sakit, pasien yang megalami penurunan kesadaran, dan warga yang tidak sadarkan diri dikoordinasikan dengan Dinkes-119.

Layanan NTPD 112 merupakan panggilan 24 jam tidak berbayar atau bebas pulsa.Merupakan pilot project dari   Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok.

“Layanan ini stand by selama 24 jam setiap hari. Bila Anda mengalami kejadian kegawatdaruratan, segera hubungi 112,” Manto menandaskan. (Diskominfo)

1 × one =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 6 =