KPU Depok Belajar Aplikasi Teman Kerja ke Diskominfo

KPU Depok Belajar Aplikasi Teman Kerja ke Diskominfo

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, hari ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kantor Dinas Komunikasi (Diskominfo) Kota Depok. Kedatangan mereka untuk mempelajari Aplikasi Teman Kerja atau e-office milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Sekretaris KPU Kota Depok, Yodi Joko Bintoro menjelaskan, pihaknya ingin mengetahui lebih jauh terkait aplikasi Teman Kerja milik Pemkot Depok. Pasalnya aplikasi ini sangat cocok apabila diterapkan juga di KPU Depok untuk membantu pekerjaan kesekretariatan.

“Fungsi utama kami di sini melayani kepemiluan dari tingkat pusat, provinsi, dan kota/kabupaten. Maka dengan adanya aplikasi e-office ini akan memudahkan kami berkoordinasi di lingkup KPU Kota Depok,” jelasnya kepada berita.depok.go.id di Kantor Diskominfo Kota Depok lantai 7 Dibaleka 2, Balai Kota Depok, Kamis (03/11/22).

Yodi melanjutkan, pihaknya juga sudah memiliki aplikasi serupa bernama Senapati atau Sistem Pengendalian Kinerja Tingkat Instansi.

Bedanya dengan teman kerja, ujar dia, aplikasi Senapati mengurusi surat menyurat perjanjian kerja sama antar pejabat KPU Kota Depok.

“Setelah pertemuan pertama ini, kami akan adakan pertemuan selanjutnya dan melakukan perjanjian kerja sama dengan Pemkot Depok untuk merealisasikan aplikasi e-office,” ungkap Yodi.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kota Depok, Mohamad Fahrizal menuturkan, pihaknya menyambut baik rencana KPU Depok untuk mengadopsi aplikasi e-office. Dia menceritakan, sebelumnya aplikasi itu juga merupakan adaptasi milik Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Aplikasi e-office sudah diterapkan Pemkot Depok sejak Juni 2022. Menurutnya, ini merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk mengurangi penggunaan kertas, karena itu, ke depan seluruh pekerjaan dilakukan melalui aplikasi yang terintergrasi dan Pemkot bisa mewujudkan papperless office.

“Kedatangan KPU ke Diskominfo Depok merupakan bentuk kolaborasi dengan instansi di luar Pemkot Depok,” ujarnya.

“Sebelumnya kami juga sudah membantu KPU terkait layanan informasi pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Depok Single Window, dan ke depannya aplikasi e-office ini,” tandasnya.

2 × 3 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =