Kota Depok Raih Peringkat I Penyediaan Informasi Publik Terlengkap 2014

Kota Depok Raih Peringkat I Penyediaan Informasi Publik Terlengkap 2014

Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar menganugerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota peringkat teratas dalam mengimplementasikan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Senin (22/12/14) di Aula Barat Kantor Gubernur Jawa Barat Gedung Sate, Bandung.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat tahun 2014 selama tiga bulan terakhir ini. Monitoring dan evaluasi Komisi Informasi Jawa Barat dilakukan berdasarkan indikator pemenuhan kewajiban sesuai peraturan perundangan KIP.

Kali ini, Kota Depok berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori penyediaan informasi publik terlengkap yang wajib tersedia setiap saat sebagaimana amanah peraturan perundang-undangan KIP. Disusul oleh Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Karawang yang juga mendapatkan peringkat kedua dan ketiga, katagori yang sama.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Depok Nur Mahmudi Isma’il yang saat itu secara langsung menerima piala penghargaan mengatakan, paling tidak kita memenuhi persyaratan tentang kelengkapan pelayanan di Kota Depok, sehingga dianggap bahwa pelayanan kita paling lengkap, namun kita harus tetap mencoba hal-hal lain lagi sehingga betul-betul kita dapat menyempurnakan diri.

“Kesempatan ini tentunya memberikan apresiasi dan perasaan syukur kepada semua insan media informasi di Kota Depok, bahwa penghargaan kita tiap tahun sudah mulai memperlihatkan peningkatan,” kata Mantan Menteri Kehutanan dan Perkebunan itu.

Kedepan, Nur akan melakukan perbaikan lagi, seperti perbaikan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Depok, tim kordinasi dengan media diperkuat lagi, kualitas dari kriteria harus  dilengkapi lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok M. Fitriawan menyatakan rasa syukurnya, berkat kerjasama berbagai pihak, Kota Depok lagi-lagi mendapat pengharagaan di bidang informasi. “Mudah-mudahan penghargaan yang diterima bisa memberikan motivasi Kominfo untuk menyediakan informasi publik yang dinamis dan lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” tutupnya seraya menunjukkan piala penghargaan. (Nita/ Diskominfo)

17 − four =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =