Kembangkan Sistem Informasi Kebencanaan, Diskominfo Lakukan Tes Uji Coba Koneksi

Kembangkan Sistem Informasi Kebencanaan, Diskominfo Lakukan Tes Uji Coba Koneksi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menjadi salah satu wilayah percontohan untuk pengembangan Sistem Informasi Kebencanaan atau Disaster Prevention Information System (DPIS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, dilakukan tes uji coba koneksi di ruang D’Cor, Balai Kota Depok, Senin (19/02/24) pagi.

Tim Penanggung Jawab Kemenkominfo Dzikrul Insanul Kamila mengatakan, DPIS merupakan proyek hibah antara Kementerian Kominfo dengan Pemerintah Jepang yang diwakili oleh JICA.

“Ini kegiatan uji coba tes koneksi untuk pengembangan sistem kami, namanya DPIS. Ini sistem nantinya akan mengirimkan peringatan dini terkait adanya bencana, misal gempa bumi dan tsunami,” ujarnya, usai melakukan uji coba di D’Cor.

Dijelaskannya, Kota Depok ditunjuk sebagai salah satu wilayah percontohan karena dinilai lebih unggul untuk sistem Informasi Teknologi (IT) dan dekat dengan Jakarta.

“Ini sistem masih dikembangkan, kalaupun lancar Insyaallah akan dilaksanakan paling cepat di bulan ke-6 atau ke-8. Semua Kota/Kabupaten akan dapat sistem ini namun bertahap,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kota Depok, Agus Suprayitno menyambut baik rencana ini.

Menurutnya, sistem Peringatan Dini (Early Warning System) merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya kejadian alam. Dapat berupa bencana maupun tanda-tanda alam lainnya.  

“Antisipasi lebih dini bisa kita lakukan jika sistem ini sudah terinstal di smartphone masing-masing. Mudah-mudahan lancar dalam setiap prosesnya hingga launching nanti,” tutupnya. (Berita.Depok.Go.Id – JD 08/ED 02)

four × 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − six =