Kak Seto Tekankan Komunikasi Orang Tua – Anak Demi Melindungi Anak-anak dari Dampak Negatif Internet

Kak Seto Tekankan Komunikasi Orang Tua – Anak Demi Melindungi Anak-anak dari Dampak Negatif Internet

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok menyelenggarakan Sosialisasi Internet Sehat, Kamis(8/11) bertempat di Wisma Sekar Peni, Jalan Siliwangi Depok. Sosialisasi ini diikuti para perwakilan PKK tiap kelutahan Sekota Depok, para stakeholder pendidikan sekota Depok. Berperan sebagai pembicara utama acara ini adalah Kak Seto Mulyadi (psikolog).

Sosialisasi Internet Sehat ini menjadi pedoman media informasi kota Depok dalam meningkatkan pemahaman dan awareness terhadap efek pemanfaatan internet baik efek positif maupun efek negatifnya. Dengan dimikian akan meningkatkan pemahaman orang tua tentang pemanfaatan internet dan bahaya internet, meningkatkan pemahaman orang tua tentang dampak psikologis pemanfaatan internet  serta mengurangi akses terhadap konten negatif di internet.

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet bagaikan pisau bermata dua, yang di balik berlimpahnya sisi positif ketika dimanfaatkan dengan benar, namun juga memiliki sisi negative dan dapat merugikan diri sendiri.

Orang tua dan Guru seharusnya melindungi anak-anak dari ancaman dunia maya. Banyak kasus anak hilang maupun anak korban kekerasan seksual bermula dari jejaring pertemanan di internet. Belum lagi berbagai konten negatif yang sering ditemukan di internet seperti pornografi, cyber bullying, phising, dan lain-lain. Hal ini menjadikan sosialisasi internet sehat kepada orang tua, dalam hal ini PKK Kota Depok dan stakeholder Pendidikan sebagai suatu hal yang penting dilaksanakan.

Dalam presentasinya yang meriah diiringi dengan musik, tari, dan lagu, Kak Seto menekankan bahwa jika Komunikasi antara orang tua dan anak terjalin dengan baik, maka tatkala sang anak sedang berada dalam masalah, mereka tidak akan “lari” ke internet sebagai pelampiasannya. Namun tetap berkomunikasi dan menghabiskan waktu mereka bersama keluarga. Kak Seto juga memberikan beberapa tips kepada orang tua dan guru agar membuat anak-anak senantiasa merasa nyaman di rumah maupun di sekolah.

Peserta yang hadir mayoritas berasal dari PKK Kelurahan sekota Depok ini nampak sangat antusias mengikuti acara hingga acara berakhir dan berpesan agar Diskominfo melaksanakan kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang.

15 − 10 =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + six =