Kadiskominfo Kota Depok Terima Penghargaan TTE Terbaik 2023

Kadiskominfo Kota Depok Terima Penghargaan TTE Terbaik 2023

Pemerintah Kota Depok menerima penghargaan Sandikami Awards 2023 dari Provinsi Jawa Barat. Penghargaan diberikan oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris, kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto, saat apel Senin pagi (11/9/2023).

Penghargaan itu merupakan apresiasi Provinsi Jawa Barat terhadap kota-kota yang telah mampu menyelenggarakan program persandian dan keamanan informasi dengan baik. Dalam hal ini, Pemerintah Kota Depok terpilih sebagai pemerintah daerah Kabupaten dan kota dengan penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE) terbaik tahun 2023, kategori integrasi aplikasi menggunakan TTE terbanyak.

TTE adalah tanda tangan yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Juga, untuk menjamin keaslian dokumen dan menunjukkan suatu dokumen telah sah dan legal secara hukum. 

Manto menyebutkan, TTE ini merupakan penerapan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Pemerintah Kota Depok telah melakukan integrasi TTE dengan beberapa aplikasi sebagai mekanisme pengamanan dasar sistem elektronik sehingga dapat memenuhi aspek-aspek keamanan yang meliputi integritas, keaslian, kerahasiaan, dan nir-penyangkalan.

Tahun ini, penerapannya bahkan sudah sampai di tingkat kelurahan. Dari kepala seksi, sekretaris kelurahan, lurah harus menggunakan tanda tangan elektronik.

“Dengan TTE, proses kerja menjadi jauh lebih mudah, cepat, dan efisien. Kita bisa membuat surat disposisi dimana saja. Ini tentunya merupakan salah satu terobosan dalam memudahkan pelayanan dan memudahkan kinerja,” ucapnya. (Diskominfo)

three × 1 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 2 =