Kadiskominfo, Jangan Beri Anak Gawai Tanpa Pengawasan

Kadiskominfo, Jangan Beri Anak Gawai Tanpa Pengawasan

diskominfo.depok.go.id-Perkembangan teknologi informasi yang berjalan cepat, memungkinkan semakin mudahnya orang mengakses internet. Karena itu, orang tua diharapkan proaktif mengawasi penggunaan internet pada anak agar bisa digunakan secara bijak.

“Orang tua harus bijak dalam mengawasi penggunaan internet untuk anak. Jangan sekali-kali anak diberikan gawai (gadget) secara bebas tanpa pengawasan,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, usai kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) di Masjid Al-Marjan, Kecamatan Cipayung, kemarin.

Dikatakannya, kehadiran internet tidak hanya membawa manfaat, namun juga dapat berdampak negatif bagi perkembangan anak. Ada baiknya, kata Sidik, orang tua menyediakan gadget khusus anak-anak.

“Gadget khusus untuk anak lebih baik. Karena aplikasinya sudah terprogram yang dikhususkan untuk anak-anak. Kami juga gencar melakukan sosialisasi internet sehat yang menginformasikan pentingnya menggunakan internet secara bijak,” ucapnya.

Sidik juga berpesan, orang tua harus menguasai perkembangan teknologi, termasuk cara mengakses internet. Sehingga bisa mengklasifikasikan konten mana yang bernilai positif maupun negatif.

“Diharapkan setiap orang tua sedikit demi sedikit dapat lebih berpartisipasi dalam mengawasi anak mereka. Peran dan tanggung jawab orang tua tidak hanya sebatas membelikan handphone saja. Tetapi, juga harus mengetahui apa yang dilakukan dan diakses oleh anak mereka,” ucapnya.

ppid@diskominfo

17 + seven =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − four =