Kadiskominfo Ajak Perangkat Daerah Gunakan Data Secara Optimal

Kadiskominfo Ajak Perangkat Daerah Gunakan Data Secara Optimal

diskominfo.go.id- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono mengajak seluruh Perangkat Daerah (PD), kecamatan dan kelurahan untuk bisa menggunaan data secara optimal. Data yang dimaksud adalah data yang disajikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

“Mari manfaatkan data itu secara optimal. Seperti, analisis setiap data, apakah ada suatu yang bisa dikorelasikan. Misalnya, data inflasi dengan data pengangguran atau data inflasi dengan pertumbuhan ekonomi. Dari situ, kita bisa rencanakan sesuatu untuk menekan atau mengendalikan angka inflasi,” ujarnya, usai kegiatan Sosialisasi Depok Dalam Angka dan Kecamatan Dalam Angka Tahun 2019, di Hotel Santika Depok, Senin (16/12/19).

Lebih lanjut, kata Sidik, data ini juga bisa menjadi sumber untuk menaikan Angka Harapan Hidup (AHH) di Kota Depok. Tentunya, dikorelasikan dengan data kesehatan di Kota Depok.

“Misalnya, AHH di Kota Depok 74 tahun, kita bisa lihat apa yang menjadi faktor penentu di data kesehatan. Kalau sudah tahu faktornya, kita bisa tingkatkan lagi menjadi 80 tahun dengan perencanaan yang matang,” ucapnya.

Sidik berharap, kegiatan sosialisasi ini, bisa ditindaklanjuti oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok. Dengan demikian, ke depan program satu data Indonesia untuk Kota Depok bisa disinkronisasikan dalam pemanfaatan data.

“Mudah-mudahan ini bisa ditindaklanjuti, sehingga data yang kita punya sama dengan data dari BPS, dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia,” tutupnya.

ppid@diskominfo

15 + 14 =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty + seven =