Kadis Kominfo: Perlu Penambahan Kurikulum Statistik Sesuai Kebutuhan

Kadis Kominfo: Perlu Penambahan Kurikulum Statistik Sesuai Kebutuhan

diskominfo.go.id-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono,   turut menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta. Pada kesempatan tersebut, dirinya memberi masukan agar ada penambahan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan di masa depan.

“Secara persiapan SDM, memang diperlukan tenaga statistik yang memiliki kemampuan analisis data yang baik. Apalagi, saat ini data-data yang digunakan kebanyakan data dengan kapasitas besar (big data). Misalnya, tren di media sosial atau prediksi inflasi serta antisipasinya, sehingga memang perlu ada penambahan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan kita ke depan,” tutur Sidik usai menghadiri acara tersebut, Senin (14/10/2019).

Selain itu, tambahnya, perlu juga mempertimbangkan  mengenai metode kedewasaan dalam menganalisis data (analytic maturity). Sebab, metode ini bisa meningkatkan kemampuan para tenaga statistik dalam melakukan prediksi dan analisis data.

“Ini juga untuk mempersiapkan kemampuan kita dalam menghadapi tantangan-tantangan ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Statistika STIS Jakarta, Erni Tri Astuti menuturkan, FGD tersebut diadakan guna meminta masukan mengenai kualifikasi tenaga statistik yang dibutuhkan oleh kementerian atau Perangkat Daerah (PD). Pasalnya, pihaknya diminta oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) untuk menyiapkan tenaga statistik bagi lembaga pemerintah.

“Saat ini kita sedang melakukan peninjauan kurikulum, karena kita diminta ke depan agar menyiapkan tenaga statistik untuk instansi pemerintah. Sehingga kita perlu mendengarkan masukan dari kementerian maupun PD mengenai kompetensi dan kualifikasi dari tenaga statistik yang dibutuhkan di sana,” ucapnya.

ppid@diskominfo

one × 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 8 =