Giat Pembinaan Karakter: Memaknai Hakikat Syukur

Giat Pembinaan Karakter: Memaknai Hakikat Syukur

Giat pembinaan karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok untuk Desember 2023 kembali dilaksanakan pada Rabu (6/12/2023). Kali ini, mengangkat tema ‘Makna Syukur: Dalam Menjadikan Syukur Sebagai Sikap Mental Dalam Mencegah Tindak Koruptif’.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, Ahmad Dimyathi Badruzzaman, selaku pemateri, menyampaikan hakikat Syukur adalah ketika seorang hamba Allah mampu mendayagunakan segala nikmat yang diberikan untuk menjalankan perintah-perintah-Nya.

Contoh sederhana bagian tubuh, seperti mata. Allah memberikan nikmat berupa mata agar manusia bisa menggunakannya untuk melihat dan mempelajari hal-hal yang baik, dalam arti hal-hal yang sesuai dengan perintah Allah. 

“Seandainya, seseorang menggunakannya untuk hal-hal negatif, bisa dikatakan dia kufur, tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan,” katanya. 

Begitu pula kesehatan. Ahmad Dimyathi melanjutkan, “Manfaatkanlah kesehatan yang sudah diberikan untuk melakukan hal-hal positif. Misal, dengan sering datang ke majelis ilmu, dan lainnya. Lalu, uang yang kita miliki. Gunakanlah untuk bersedekah dan berbuat baik”

Dalam konteks itu, Allah telah memberi batasan tegas seperti yang tertulis dalam Surah Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Lalu di Surah Albaqarah ayat 152, “Bersyukurlah pula kepada-Ku atas nikmat-Ku dengan menggunakannya di jalan-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku, kepada nikmat-nikmatku, dan mempergunakannya untuk berbuat maksiat.”

“Artinya, sudah sangat jelas. Ketika kita selalu mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan, Allah akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Bila tidak, maka azab Allah sangat berat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto berharap kegiatan pembinaan karakter yang diinisiasi oleh Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok dapat memberikan motivasi kepada jajarannya. Tidak hanya dalam urusan pekerjaan, tetapi juga dalam ketakwaan kepada Allah SWT.

“Hakikatnya dengan menanamkan rasa syukur kepada Allah, kita dapat menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah dan lebih mendekatkan diri kepada-Nya,” tandasnya. (Diskominfo)

14 − 4 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =