Giat Pembinaan Karakter ASN Diskominfo Kota Depok: Bekerja Harus Dilandasi Keimanan

Giat Pembinaan Karakter ASN Diskominfo Kota Depok: Bekerja Harus Dilandasi Keimanan

Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok mengikuti giat pembinaan karakter dari Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok. Kegiatan digelar pada Rabu, (23/8/2023) di ruang meeting Diskominfo. Kali ini mengambil tema ‘Makna Kemerdekaan dan Loyalitas ASN’.

Pahlawan kemerdekaan, kata Dian Effendi Hasya, sudah berjuang mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia, “Kini, kita hanya tinggal mempertahankannya.” 

“Caranya? Tentu dengan mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif. Terus tumbuhkan semangat nasionalisme, semangat patriotisme, dan tunjukkan rasa cinta kita kepada NKRI karena cinta NKRI merupakan bagian dari refleksi keimanan dan harus dibuktikan dalam kinerja kita,“ papar Ustad Dian Effendi selaku pemateri kegiatan.

Keimanan adalah hal penting sebagai landasan dalam bekerja, bermasyarakat, dan bernegara. Dengan iman, segala sesuatu yang menjadi persoalan hidup masyarakat, bangsa, dan negara bisa diselesaikan.

Para tokoh bangsa telah menunjukkan keimanan itu dalam naskah pembukaan UUD 1945, ‘Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.’

“Mereka sadar atas berkat rahmat Allah, perjuangan tak akan berhasil. Ini yang harus kita syukuri. Bersyukur atas kemerdekaan dengan meningkatkan semangat dan loyalitas lewat kinerja terbaik. Teruslah belajar demi kemajuan NKRI,” lanjut Ustad Dian.

Seperti yang dijelaskan dalam QS Ibrahim:7, “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

“Bekerjalan sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan dan bekerjalah niscaya Allah akan memperlihatkan hasil kerjamu,” ucap Ustad Dian.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Manto pun mengingatkan kepada para jajarannya untuk bekerja loyal dan profesional. 

“Dulu, dalam perang kemerdekaan, para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raga. Kini, tunjukkan juga kita mampu untuk berkorban, paling tidak dengan berperilaku profesional dalam bekerja,” tandasnya. (Diskominfo)

seventeen − eleven =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eight =