FGD Membahas Master Plan IT Kota Depok

FGD Membahas Master Plan IT Kota Depok

Untuk membentuk sebuah kota yang maju dan berkembang, dibutuhkan sebuah Master Plan atau perencanaan yang matang. Terkait hal itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) Review Master Plan Informasi Teknologi (IT) Kota Depok di Rumah Makan Simpang Raya, Depok, Jawa Barat Selasa (18/11/14) pagi.

Diskusi ini menghadirkan Prof. Suhono Harso Supangkat, Kepala Lembaga Pengembang Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai narasumber yang berkompeten dibidangnya. Hadir pula dalam kegiatan ini komunitas dan beberapa praktisi universitas serta tamu undangan.

Master plan adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Master Plan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen, karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi pengorganisasian, pengarahan dan pengontrolan, aktivitas tidak dapat berjalan.

Adanya master plan IT ini dimaksudkan agar dalam menyusun rencana pembangunan dan pengembangan IT secara keseluruhan dapat berkesinambungan dan terpadu. Sehingga diharapkanĀ  pemerintah terus meningkatkan layanannya. Untuk itu master plan ini akan merumuskan secara terinci tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam menyediakan sumber daya manusia IT, pembiayaan, maupun prasarana dan sarana fisik bangunannya.

Dalam sambutan Kadiskominfo, M. Fitriawan mengatakan evaluasi master plan sangat penting, karena ini menjadi acuan utama dan menjadi rujukan pembangunan layanan IT selama lima tahun kedepan (2015-2020). “Diharapkan, dengan adanya master plan, Diskominfo mempunyai pijakan atau dasar yang jelas dan kuat didalam rencana program IT untuk merumuskan rencana dan strategi lima tahun ke depan,” tutur Fitriawan, panggilan akrabnya.

Senada dengan hal itu, Suhono menjelaskan jumlah penduduk di kota, sebagian besar berasal dari desa, hal ini akan menjadi persoalan-persoalan di masa yang akan datang, seperti kemacetan, meningkatnya tindak kriminal, kesenjangan sosial. “Masalah-masalah yang akan timbul, harus dipikirkan solusi yang tepat sejak dini. Master plan ini sangat membantu kita dalam mengatasi hal-hal tersebut,” ujar Prof Suhono.

Dirinya menambahkan, master plan ini nantinya akan dijadikan dasar acuan dalam mewujudkan rencana pembangunan dan pengembangan di Kota Depok ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, perencanaan pembangunanĀ  dapat berjalan sebagaimana mestinya untuk pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. (Nita/ Diskominfo)

Foto Terkait:

FGD master plan it2

nineteen − eight =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =