Diskominfo Kota Depok Merespon Positif Keberadaan Pojok Statistik UI

Diskominfo Kota Depok Merespon Positif Keberadaan Pojok Statistik UI

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok menyambut baik keberadaan pojok statistik yang diinisiasi oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia. Tentunya, ini merupakan dukungan positif untuk Pemerintah Kota Depok dalam merancang pembangunan yang berkelanjutan.

Sebab, pada akhirnya akan bermuara ke Satu Data Indonesia, kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar-instansi pusat serta daerah.

“Jadi, banyak manfaat yang bisa kita ambil. Sangat membantu kita untuk Satu Data Kota Depok. Terimakasih untuk BPS Provinsi dan FMIPA UI atas pengabdiannya kepada masyarakat,” kata Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Nancy Olivia Rossa.

Salah satu implementasi, mereka telah melakukan Pelatihan Digitalisasi Data Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kelurahan Tanah Baru Depok pada Juli lalu.

“Kami berharap, ini terus berlanjut untuk 63 kelurahan pada 2024 nanti. Kerjasama akan dilakukan, karena penghasil data utama adalah kelurahan. Nantinya, data-data ini bisa digunakan oleh perangkat-perangkat daerah lain dalam merancang program-program pembangunan,” Nancy menambahkan.

Dekan FMIPA UI Dede Djuhana berharap inovasi Pojok Statistik bisa dimanfaatkan positif oleh seluruh pihak, khususnya bagi sivitas akademika yang membutuhkan data tercetak maupun digital. Sehingga, dapat meningkatkan literasi statistik.

Pojok Statistik menyediakan sejumlah kegiatan pelayanan, peningkatan layanan konsultasi statistik, peningkatan promosi dengan yang lebih menarik, meningkatkan literasi statistic, dan peningkatan pemanfaatan data statistik yang disediakan oleh BPS. 

“Pojok Statistik FMIPA UI juga menyediakan layanan melalui Pojok Statistik FMIPA UI Virtual.Harapan kami, semoga keberadaan Pojok Statistik dapat lebih meningkatkan kontribusi FMIPA UI dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dan pelayanan kepada masyarakat umum serta meningkatkan kerjasama dengan semua pihak,” kata Dede saat Peresmian Pojok Statistik Universitas Indonesia pada Selasa (10/10/2023). (Diskominfo)

six − 2 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + seventeen =