Diskominfo Godok Pengintegrasian Pelayanan Kesehatan

Diskominfo Godok Pengintegrasian Pelayanan Kesehatan

diskominfo.go.id-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok berencana melakukan pengintegrasian data kesehatan dari berbagai layanan kesehatan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi warga Kota Depok.

“Intinya kita ingin mengoptimalkan sistem pelayanan kesehatan, melalui pengintegrasian data kesehatan di Puskesmas, RSUD, dan rumah sakit swasta yang ada untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Kota Depok,” tutur kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada  diskominfo.go.id, Rabu (30/10/2019).

Dikatakannya, pengintegrasian data kesehatan perlu untuk dilakukan. Sebab, menurutnya, dapat membantu untuk merencanakan berbagai program pelayanan kesehatan ke depan.

“Data ini kalau hanya berada di institusi tertentu tidak akan berdaya guna, tetapi kalau diintegrasikan semuanya, maka kita akan memperoleh suatu profil kesehatan kota secara menyeluruh. Profil yang akan menjadi acuan kita untuk merencanakan berbagai program ke depan,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, data yang perlu diintegrasikan cukup luas. Mulai dari data kesehatan ibu hamil, balita, anak-anak, hingga lanjut usia (lansia).

“Kalau kita punya data-data ini, kita bisa tahu bagaimana indeks kesehatan di Depok secara rinci. Misalnya, angka harapan hidup di Kota Depok saat ini mencapai 74 tahun, tetapi kita tahu penyebabnya apa. Untuk itu, dengan data yang terintegrasi bisa membantu kita untuk  merencanakan berbagai program ke depan guna meningkatkan angka harapan hidup agar lebih tinggi lagi,” tandasnya.

ppid@diskominfo

three × four =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =