Diskominfo Depok Siap Sosialisasikan Program IUWASH Tangguh

Diskominfo Depok Siap Sosialisasikan Program IUWASH Tangguh

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok terus mendukung program kemasyarakatan untuk perubahan perilaku hygiene dan peningkatan akses air minum dan sanitasi aman serta Pengelolaan Sumber Daya Air yang digagas United States Agency International Development (USAID) Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) di beberapa wilayah Kota Depok. 

Salah satunya bentuk dukungan yang diberikan yakni dengan menghadiri sosialiasi yang di Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan pada Selasa (30/01/24) lalu. 

Perwakilan Diskominfo Kota Depok, Rita Nurlita mengatakan, kegiatan sosialisasi merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan perangkat daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Sosialisasi bertujuan untuk menjelaskan program USAID IUWASH Tangguh, memetakan kondisi air minum dan sanitasi, serta perilaku hygiene, pengelolaan sumber daya air minum (PSDA) dan isu gender di masyarakat.

“Kami Diskominfo sebagai salah perangkat daerah akan mendukung program ini. Misalnya dengan menyusun strategi komunikasinya,” katanya kepada berita.depok.go.id, Senin (05/02/24). 

Dikatakannya, Diskominfo Kota Depok akan melalukan diseminasi komunikasi melalui berbagai kanal yang dimiliki. 

Selain itu, pihaknya juga memiliki Mobile Community Access Point (MCAP) yang setiap hari hadir untuk memberikan edukasi literasi digital kepada masyarakat khususnya pelajar. 

“MCAP bisa dimanfaatkan juga untuk bersama-sama menyampaikan sosialisasi terkait air minum penelitian saya serta hidup yang sehat di masyarakat,” katanya. 

“Kami juga ikut berdiskusi dengan peserta lainnya, saling berbagi peran agar nanti semua program dapat terwujud. Kedepan Diskominfo Kota Depok akan membantu mendampingi warga Pengasinan untuk berdiskusi terkait kondisi akses sanitasi,” ungkapnya. 

Sementara itu, Perwakilan IUWASH Tangguh, Yayan Surahman menambahkan, selain Kelurahan Pengasinan pihaknya juga memberikan pendampingan dari program ini ke Kelurahan Pancoran Mas (Panmas), Pasir Putih, Tugu dan Duren Seribu (Duser). 

“Pada kegiatan ini kami memberikan dukungan pembiayaan dan peningkatan kinerja bagi penyedia layanan akses sanitasi aman mengurangi dampak perilaku perubahan iklim terhadap pengelolaan sumber daya air dan perubahan perilaku pemerintah dan kelompok masyarakat, untuk mendukung akses aman dan pengelolaan sumber daya air yang berbasis pada kesetaraan gender dan inklusi sosial,” ungkap Yayan. 

Dirinya berharap, dengan berbagi peran bersama perangkat daerah terkait dapat menyukseskan program ini. 

“Dengan sosialisasi dan diskusi ini pula berbagai poin bisa didapatkan untuk melancarkan jalan nya program ini,” jelasnya. 

“Misalnya saja peran perempuan memiliki akses penting untuk mengakses dan memanfaatkan air untuk kegiatan sehari-hari sebab mayoritas laki-laki bekerja sehingga urusan rumah dilakukan oleh perempuan,” tutupnya. (Berita.Depok.Go.Id – JD 03/ED 01).

six + 13 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =