Depok Miliki Komunitas e-UKM

Depok Miliki Komunitas e-UKM

Seperti diketahui, Depok merupakan Kota strategis dalam hal perniagaan karena berbatasan langsung dengan Ibu Kota Indonesia yaitu Jakarta. Pada kenyataannya, masih banyak pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Kota Depok yang minim pengetahuan mengenai informasi terkait UKM, masalah tumpang tindih program yang ada di asosiasi, Dinas dan Komunitas, minimnya pelatihan atau training tentang pemasaran online serta tidak adanya program pembinaan yang berkelanjutan.

Berangkat dari hal tersebut, dalam acara Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan beberapa minggu lalu di Hotel Bumiwiyata, para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Kota Depok di bawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Depok, telah mencapai kata sepakat dan bersedia untuk berkomitmen serta bekerjasama untuk mulai membentuk Komunitas e-UKM di Kota Depok.

Tujuan Komunitas e-UKM Kota Depok terbentuk adalah untuk menumbuhkembangkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam upaya meningkatkan kemajuan kegiatan usaha para anggota komunitas e-UKM Kota Depok dan di mungkinkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak langsung berhubungan dengan tujuan awal selama mendapat persetujuan dari para anggota.

Di dalamnya terdapat beberapa Dewan pengurus harian yang berfungsi melakukan perencanaan program kegiatan, menjalankan dan mengadministrasikan seluruh program kegiatan Komunitas e-UKM Kota Depok.
Adapun program e-UKM diantaranya; pelatihan ms. Office Dasar, pelatihan internet dasar, pelatihan toko online + sosial media, pelatihan web company profile + sosial media, pelatihan search engine +sosial media optimization serta pembuatan portal e-ukm.com.

Fitriawan selaku Kadiskominfo merespon positif pembentukan e-UKM yang merupakan mitra pemerintah dalam pemberdayaan UKM di Kota Depok. “Diskominfo siap bermitra dengan komunitas e-UKM dan berharap kegiatan promosi diimbangi dengan peningkatan kualitas produknya,” tandasnya.

Nantinya e-UKM juga akan meningkatkan eksistensinya dengan melakukan audiensi dengan semua institusi yang ada di Kota Depok dan berperan aktif dalam setiap kegiatan pembinaan UKM yang berbasis IT. Program kelanjutannya adalah akan diadakannya program pembinaan atau mentoring namun di khususkan untuk UKM yang berpotensial untuk maju atau UKM yang berkomitmen. Harapannya di akhir periode kepengurusan, akan memiliki prototype ‘kisah sukses’ e-UKM. Nita/ Diskominfo.

thirteen + 13 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + ten =