Buka Forum Renja Diskominfo, Wijayanto Tekankan Pentingnya Keamanan Informasi

Buka Forum Renja Diskominfo, Wijayanto Tekankan Pentingnya Keamanan Informasi

Staf Ahli Wali Kota Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Wijayanto mewakili Wali Kota Depok, Mohammad Idris membuka acara Forum Rencana Kerja (Renja) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok di Kinasih Resort, Tapos, Senin (26/02/24).  

Dalam paparannya, Wijay, panggilannya menyebut, serangan siber tidak bisa diabaikan, terlebih era digitalisasi saat ini terus berkembang.

“Potensi hacker tidak bisa diabaikan. Sudah banyak lembaga yang mengalami kerugian akibat ulah hacker, contohnya bank dan data lainnya yang sempat bocor,” ujarnya.

Dikatakannya, kondisi kemananan perlu diperhatikan agar aplikasi yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) tidak diretas. Beberapa langkah antisipasi juga perlu dijalankan.

“Tema yang diangkat kali ini sangat realistis, yaitu ‘Pengamanan Informasi di Era Transfirmasi Digital dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Peningkatan Daya Saing Daerah Menuju Kota Depok yang Maju Berbudaya dan Sejahtera’,” katanya.

“Mudah-mudahan bisa dibahas bersama dalam forum ini. Karena memadukan antara arahan dari kementerian atau pemerintah dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto menyebut, setiap tahun dinasnya melakukan mitigasi risiko untuk pengamanan informasi. Seperti, pengecekan rutin terhadap data penting dan pengujian secara berkala dengan melibatkan pihak ketiga.

“Kami ingin memastikan aplikasi yang kami miliki, aman, sehingga teman-teman Perangkat Daerah (PD) bisa bekerja secara nyaman,” ujarnya.

“Kami juga melakukan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam mencegah dan menangani insiden atau serangan,”tutupnya. (Berita.Depok.Go.Id – JD 08/ED 02)

12 − five =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − five =