Bangun Sinergitas, Diskominfo Depok Gelar Rakor PPID

Bangun Sinergitas, Diskominfo Depok Gelar Rakor PPID

Guna meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khususnya layanan informasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Se-Kota Depok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) PPID di Aula Bappeda Gedung Baleka Lt.3 Depok, Rabu (31/1/2013). Pertemuan di awal tahun ini menghadirkan Sekda Kota Depok Hj. Ety Suryahati, SE, M.Si selaku pembina PPID.

Bu Sekda mengatakan, agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat bersinergi dengan memanfaatkan website dinas dan kecamatan dengan selalu memutahirkan data kegiatan, informasi APBD, informasi tugas pokok dan fungsi, apa yang sudah dilakukan, berapa dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut sehingga publik dapat mengakses informasi yang memang seharusnya diketahui oleh publik.

Terkait dengan tugas dan fungsi PPID selaku pengelola informasi Badan Publik, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Dra. Yulistiani Mochtar, MM menegaskan agar PPID di tahun 2013 merumuskan langkah-langkah yang mau dicapai ke depan sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan informasi kepada masyarakat, melakukan pembinaan dan asistensi kepada operator PPID pelaksana sehingga Sumber daya PPID sudah siap memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat akan informasi.

Pada rakor tersebut, beberapa PPID dari Dinas mengemukakan kendala yang mereka hadapi selama ini salah satunya keterbatasan mengisi berita dan informasi di website masing-masing. Untuk itu mereka berharap Diskominfo ke depan dapat membuat jadwal asistensi pengisian web dan pemakaian alat komunikasi antar PPID.

Pada akhir rakor dirumuskan beberapa poin penting antara lain maksimalisasi peran PPID di setiap OPD, Dinas dan Kecamatan, membekali dan mepersiapkan diri menghadapi permintaan informasi dan sengketa informasi di Komisi Informasi Pusat, Pembuatan jadwal asistensi penggunaan alat komunikasi G-Tab serta  integrasi data antar OPD.

 

2 × 5 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + eighteen =