Bang Fahmi Jadi MC Festival Kebangsaan

Bang Fahmi Jadi MC Festival Kebangsaan

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Muhammad Fahmi menjadi Master of Ceremony (MC) dalam sesi penyambutan peserta karnaval Festival Kebangsaan pada Sabtu (26/8/2023).

Fahmi bersama Rokhmi Handayani, pranata humas di Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Depok memandu sesi ketika peserta karnaval melewati panggung penyambutan yang diisi oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris bersama istri, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono beserta istri, dan Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri beserta istri. Hingga kemudian, peserta memasuki Alun-Alun Kota Depok.

Suara Fahmi yang lantang, juga berbagai improvisasinya sukses membuat acara lebih semarak. Menjadi MC, kata Fahmi, bukan sesuatu yang baru baginya. 

“Sudah sejak zaman sekolah. Tapi, baru menjadi profesi sekiranya tahun 1994. Sudah banyak event baik formal, semi formal, maupun non formal. Alhamdulillah, sampai saat ini masih berjalan, saya masih dipercaya jadi MC,” tutur Bang Fahmi, sapaan akrab Muhammad Fahmi.

“Seperti acara Festival Kebangsaan, saya diminta ketua panitia untuk jadi MC di panggung kehormatan. Sebenarnya, untuk sore juga, tapi kebetulan saya tidak bisa pada sore harinya,” Bang Fahmi melanjutkan.

Menurutnya, kunci untuk menjadi MC hanya satu, yakni menguasai public speaking. “Secara teknis, MC harus mengetahui bagaimana ruh acara, siapa yang menjadi audiens, dan harus memiliki sensitivitas of communicaton, kemudian bisa improvisasi.”

Improvisasi sangat penting. Terlebih, untuk event non formal yang cenderung lebih bebas. 

“Sekalipun ada rundown, kita tetap dituntut berimprovisasi. Memang yang paling berat menjadi MC non formal. Selain penampilan, ekspresi, kita dituntut juga improvisasi. Bukan lagi menginformasikan tetapi lebih kepada bagaimana bisa menghidupkan acara,” paparnya.

Berbeda dengan acara formal, yang hanya mengandalkan suara. Tak perlu ada jokes. “Tinggal baca saja. Kekuatan seorang MC di acara formal hanya sound atau suaranya,” Fahmi menambahkan.

Secara keseluruhan, karnaval Kebangsaan yang digelar di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) berlangsung sukses. Tak hanya instansi pemerintah, banyak pula masyarakat dan para stakeholder berpartisipasi.

“Mereka luar biasa, semua tampil all out menampilkan potensi-potensi kebangsaan yang ada di Kota Depok. Sangat keren,” tandasnya. (DISKOMINFO)

seventeen − 12 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − five =