ASN Diskominfo Kota Depok Berbatik di Hari Batik Nasional

ASN Diskominfo Kota Depok Berbatik di Hari Batik Nasional

Pemandangan apel pagi di halaman Gedung Balai Kota Depok pada Senin (2/10/2023) tampak berbeda. Bila biasanya para Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan pakaian dinas harian berwarna coklat, kali ini mereka kompak mengenakan pakaian batik.

Tujuannnya tak lain menyemarakkan Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Usai apel, sejumlah ASN sengaja mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama. Tak terkecuali ASN Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok yang mengajak Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono dan Sekretaris Daerah Kota Depok Supian Suri berfoto bersama.

Hari Batik Nasional 2023 mengusung tema ‘Batik Bangkit’ dengan membawa harapan dapat membangkitkan lagi jiwa dan semangat perajin batik dan pelaku industri batik untuk terus tumbuh dan maju setelah sempat tersendat akibat pandemi COVID-19.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono pun berharap para pengrajin batik di Kota Depok bisa terus berkreativitas dan memunculkan ciri khas Kota Depok dalam motif batik. Sehingga, batik Depok bisa lebih populer, semarak, dan variatif. 

“Semakin dikenal di rumahnya sendiri dan berkembang ke nasional bahkan internasional,” ucap Imam.

Depok memiliki produk batik yang unik dan tidak kalah dengan batik dari beberapa wilayah di Indonesia. Sudah banyak motif yang mencerminkan kota Depok, seperti gong si bolong, topeng cisalak, belimbing, dan sebagainya.

Sekadar informasi, sejarah Hari Batik Nasional bermula ketika Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada 4 September 2008 mendaftarkan batik ke UNESCO untuk mendapat status Intangible Cultural Heritage (ICH).

Pengajuan status batik tersebut akhirnya resmi diterima UNESCO pada 9 Januari 2009. Batik kemudian dikukuhkan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi.

Pengukuhan diselenggarakan oleh UNESCO di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 2 Oktober 2009. (Diskominfo)

twenty − 7 =

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − fifteen =