Profil

Sejarah Diskominfo

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok (Diskominfo Depok) merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang terbentuk karena ada pengembangan  dari  kantor lama yaitu Kantor Arsip, Perpustakaan dan Telematika Kota Depok yang dibentuk sesuai Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 16 Tahun 2003 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah. Kemudian dibagi menjadi Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok, berkantor di Gedung Setda(Balaikota) Lantai 5, Jalan Margonda Raya No.54, Depok. No. Telp (021) 7720-0011. Fax (021) 776-4410. Sekarang Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok telah menempati gedung baru di Gedung Dibaleka II Lantai 7 terhitung sejak Senin, 24 Maret 2014.

Organisasi Perangkat Daerah ini terbentuk di bulan Januari 2009, dengan nama Dinas Komunikasi dan Informasi, berdasarkan :

  1. Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah.
  2. Peraturan Walikota Depok Nomor 26 Tahun 2008 Tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informasi.

Diawal pembentukannya, Dinas Komunikasi dan Informasi terdiri dari Sekretariat, Dua Bidang, Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Kelompok Jabatan Fungsional.
Sekretariat, membawahkan 2 Sub Bagian terdiri dari :1) Sub Bagian Umum, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan; dan 2) Sub Bagian Keuangan;

Sementara Bidang ada 2 bidang yaitu Teknologi Informasi dan Postelekomunikasi dan Diseminasi Informasi. Bidang Teknologi Informasi, membawahkan 2 Seksi terdiri dari:
1)Seksi Pengembangan dan Perencanaan Teknologi Informasi ; dan 2) Seksi Pembangunan dan Pengendalian Informasi.
Bidang Pos Telekomunikasi dan Diseminasi Informasi, membawahkan 2 seksi terdiri dari: 1) Seksi Pengendalian Pos Telekomunikasi dan Penyiaran; dan 2) Seksi Diseminasi Informasi.

Kemudian dalam rangka memperluas ruang lingkup kinerja OPD dalam mewujudkan visi dan misinya, maka sejak Januari 2012 berganti nama menjadi Dinas Komunikasi dan Informatika terdiri dari Sekretariat, Tiga Bidang, Unit Pelaksana Teknis Dinas dan Kelompok Jabatan Fungsional, berdasarkan :

  1. Peraturan Daerah Nomor 20  Tahun 2011 tanggal 29 Desember 2011 Tentang Perubahan Kedua Atas Perda Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
  2. Peraturan Walikota Depok Nomor 56  Tahun 2011  Tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi dan Informatika.

Struktur Organisasi yang berubah hanya ada penambahan bidang dari sebelumnya dua  bidang menjadi tiga bidang yaitu

Bidang Data dan Informasi, membawahkan 2 Seksi terdiri dari : 1) Seksi Data dan Aplikasi; dan 2) Seksi Pengendalian Informasi.
Bidang Teknologi Informatika, membawahkan 2 Seksi terdiri dari :1)Seksi Pengembangan Infrastruktur; dan 2) Seksi Pos dan Telekomunikasi.
Bidang Informasi Publik, membawahkan 2 Seksi terdiri dari : 1) Seksi Kemitraan; dan 2) Seksi Diseminasi Informasi Publik.

Sejak didirikan, Diskominfo Depok sudah beberapa kali mengalami pergantian Kepala Dinas, tercatat beberapa orang telah menjabat, diantaranya :

1. Drs Norman Sjafaat                            : Plt. Kepala Dinas sejak Januari 2009 – November 2009

2. Hj. Farah Mulyati, SH, M.Si            : Plt. Kepala Dinas sejak November 2009 – Januari 2010

3. Drs. Asep Rahmat, M.Si                   : Kepala Dinas (didahului sebagai Plt) sejak 2010 – 2011

4. Ir. Herry Pansila, M.Sc                     : Kepala Dinas (didahului sebagai Plt)  sejak 2011 – Januari 2013

5. Dra. Hj. Yulistiani Mochtar, M.M  : Kepala Dinas sejak Januari 2013 – Februari 2014

6. Mohammad Fitriawan, ST, MT      :  Februari 2014 – Sekarang

53 thoughts on “Profil

    1. Kepada Amanda Windyarani,
      Terima kasih atas informasinya, kondisi website Depok sudah diperbaiki.
      mohon maaf atas terlambatnya jawaban.

      Admin

  1. Salam, saya mahasiswa IISIP jakarta ingin mengetahui mengenai kegiatan “sosialisasi” apa saja YANG SUDAH dilakukan oleh dinas komunkasi dan informasi kota depok, bagaimana dan kemana saya dapat mengakses informasi tsb? Terima Kasih

    1. Kepada Sdr.Apriani Nurfitri
      Untuk kegiatan Diskominfo, bisa juga dilihat di web ini atau di depok.go.id
      Terima Kasih

  2. Assalamu’alaikum… Admin,
    Saya mahasiswa tingat 4 UPN “Veteran” Jakarta Selatan
    Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer. saya ingin bertanya
    apakah ada program untuk magang / Kerja Praktek di Dikominfo Depok?
    Terima Kasih atas perhatiannya Admin

    Salam, Yudha…

    1. Kepada Sdr.Yudha Andriyono
      Di Diskominfo ada program magang/kerja praktek, namun sebelumnya saudara bisa mendaftarkan diri dan mengurus surat rekomendasi untuk magang/kerja praktek di Kantor Kesbangpolinmas, (Jl. Pemuda No. 78 B, Pancoran Mas, Kota Depok. Telp. (021) 77204704 ) baru kemudian membawa surat rekomendasi tersebut ke Diskominfo, Gd.Balaikota Lantai 5, Jl.Margonda Raya, Depok.
      Terima Kasih

  3. warta depok edisi 12 pada halaman 9 terdapat kesalahan penulisan kata-kata
    (Agar Masyarakat Mengucilkan penderita HIV/AIDS)
    Mohon di revisi

    1. Kepada Sdr.Imam Subekti
      Terima Kasih atas koreksinya, Mohon maaf atas kekeliruan tersebut. Karena sudah dalam bentuk file .pdf, maka sulit untuk direvisi, mungkin dilain waktu kami akan lebih cermat dan berhati-hati untuk membuat tulisan-tulisan di warta depok.
      Terima Kasih.

    1. Kepada Sdr.Eliha Mahsuna
      Info Jamkesda sudah kami tayangkan di website depok.go.id, mungkin bisa search kembali di website tersebut di kolom Kesehatan
      Terima Kasih

    1. Kepada Sdr.Zulkifli
      Nama Kepala Dinas Kominfo bisa dilihat di Struktur Organisasi Diskominfo
      Terima Kasih

  4. salam,
    saya seorang guru di smk swasta di depok , ingin menanyakan apakah diskominfo menerima prakerin, dan kalau bisa bagaimana caranya dan harus menghubungi siapa?
    terima kasih

    1. Kepada Sdr.Syachroni
      Di Diskominfo ada program magang/kerja praktek, namun sebelumnya saudara bisa mendaftarkan diri dan mengurus surat rekomendasi untuk magang/kerja praktek di Kantor Kesbangpolinmas, (Jl. Pemuda No. 78 B, Pancoran Mas, Kota Depok. Telp. (021) 77204704 ) baru kemudian membawa surat rekomendasi tersebut ke Diskominfo, Gd.Balaikota Lantai 5, Jl.Margonda Raya, Depok.
      Terima Kasih

  5. Ass. Wr.Wb
    Selamat pagi bapak/ibu..
    Saya Dara, saya ingin menanyakan lowongan pekerjaan yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika Depok untuk saat ini ada atau tidak ya pak/bu?
    kebetulan saya baru saja LULUS dari study S1 saya, Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Lulusan dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
    jikalau ada bagaimana prosedurnya dan berkas2 apa saja yang harus saya persiapkan untuk melamar pekerjaan di sini.
    terima kasih pak/bu
    Wass.

  6. Selamat siang admin..Bahwa mengetahui informasi publik merupakan hak asasi manusia yang diatur dalam UU no.14/2008 ttg keterbukaan informasi publik..oleh karenanya sebagai wujud implementasi hal tersebut saya ingin mengetahui seluruh PERDA dan PERWAL kota Depok yang sudah didokumentasikan dan masih berlaku.sebagai wujud peran masyarakat dalam pengawasan penyelenggara negara. Bisakah diskominfo memberikan salinan tersebut.terima kasih

  7. admin, saya mahasiswa dari UNAI bandung jurusan akuntansi, 2013 ini trima mahasiswa untuk magang di bagian akuntansinya tdk? kalau iya, bagaimana caranya dan siapa yang harus saya hubungi?

  8. ass.
    saya mahasiswi gunadarma ,sedang menulis TA mohon ingin meminta keterangan sejarah singkat diskominfo dan gambaran gambaran umum lainnya,kemana saya harus mencari info tersebut ,karena di web ini saya kurang mendapat informasinya. terimakasih

  9. Saya baca di koran radar depok akan ada rencana aksi memperingati hari bumi 2013 tgl 23 maret 2013.
    Karena kami perlu informasi agar bisa ikut berpartisipasi, dan kami hanya puynya no tilpun kantor Badan Lingkungan Hidup Depok, saya tilpun kesana. Ternyata mereka tidak tahu menahu. Mengapa tidak ada koordinasi dg BLH ? Trimakasih.

  10. Assalamualaikum salam semangat.. Maaf admin.. saya mau bertanya.. sebelumnya perkenalkan saya Fauzi dari salah satu komunitas Gerakan Pemuda yg bergerak kemasyarakatan, Sosial, dan pendidikan… Aq mau tanya, kalau ingin mengajukan proposal ke diskominfo gmn ya prosedurnya.. Kbetulan kami ingin menyelenggarakan acara berupa seminar/ Workshop dlm rangka memperingati Hardiknas dan Kebangkitan Nasional.. Yang dmn Audience’a para pelajar.. Nama kegiatan’a “Pelajar Andilau ( Anti Dilema dan Galau” dgn tema “Jati Diri Pemuda pada abad Milenium”. Tujuan acara kegiatan ini ialah agar Para pelajar sadar akan pentingnya pendidikan dan kembali ke jati Diri seorang pelajar.. Kami yakin, bila kita bersama akan lebih mudah membangun karakter pelajar di negri ini dan membangun Pendidikan ini…
    hub : 08567626015 Ahmad Fauzi
    Mohon Infonya’a ya admin

  11. Asallamualaikum, Saya dari mahasiswa BSI saya ingin mengetahui pelayanan apa yang diberikan ke masyarakat di dalam pelayanan prima. dimana saya bisa mengakses info tersebut? terimakasih..

  12. saya seorang pelajar kelas 3 SMA, apakah saya dapat magang di Diskominfo? dan apa persyaratanya? Terima kasih 🙂

  13. selamat malam.
    terima kasih atas perhatiannya.
    saya mahasiswa dari sebuah perguruan tinggi, ingin menanyakan mengenai sesuatu.
    saya ingin membuat suatu aplikasi peta jalan depok, dan saya membutuhkan data mengenai informasi jalan dan lainnya.
    mengenai hal yang telah disebutkan di atas, apakah saya bisa mendapatkan data yang dibutuhkan? dan seandainya bisa, kemana saya harus melakukan koordinasi lebih lanjut?
    kurang lebihnya mohon maaf. sekali lagi terima kasih atas perhatiannya.

  14. assalamu’alaikum, saya ajeng meinar dari universitas gunadarma.
    dalam rangka bulan ramadhan akan diadakan serangkaian acara oleh UKM Fajrul Islam Universitas Gunadarma, apakah kami bisa meminta bantuan Dinas Kominfo Depok untuk mempublikasikan acara kami di kota Depok?
    terima kasih sebelumnya

  15. salam, saya mahasiswa komunikasi universitas pakuan bogor, saya bermaksud ingin melakukan penelitian untuk skripsi.apakah saya bisa melakukan penelitian di diskominfo?jika bisa,apa saja prosedurnya.?terimakasih

  16. Maaf admin sy mau tnya, apa di diskominfo masih membuka kerja praktek untuk mahasiswa ? Trimakasih

  17. assalamualaikum wr wb. mohon petunjuk dan kejelasan terhadap informasi tentang Pembebasan tanah tol CIJAGO tahap 2, kenapa tanah saya yang terletak di belakang kelurahan cisalak (kavling RRI) sudah di dozer/ diurug, sedangkan saya belom mendapatkan uang penggantian.. menurut kordinator kavling RRI harga penggantiannya sebesar Rp 1.239.000/ meter, sedangkan harga pasaran di lokasi tersebut adalah Rp 3juta/m. yang membuat saya kecewa adalah saya sebagai pemilik tanah tidak di berikan informasi yang jelas dan dii persulit sekali.. kenapa yah???? saya sudah melayangkan 2 surat ke PEMKOT depok, alhasil alhamdulillah tidak ada tanggapan dari surat tersebut, menurut uu no 14 tahun 2008 “bahwa badan publik itu WAJIB menyediakan informasi kepada publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan”. Ini adalah salah satu cara dari sekian cara yang saya lakukan hanya untuk mendapatkan INFORMASI tentang pembebasan tanah TOL CIJAGO tahap 2. Saya mohon untuk di berikan informasi tentang kejelasan dari semua ini, berapa nominal untuk pembebasan tanah TOL CIJAGO tahap 2??, kapan sekiranya proses ini di tindak lanjuti??? Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum.

  18. slamat siang
    saya baru saja lulusan d3 jurusan teknik grafika pnj, saya ingin melamar kerja di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok khususnya di majalah Warta Depok dengan posisi Layouter (Penata Letak)…. cara bagaimana ya..? apakah saya mengirim Cv dll lewat Email atau langsung datang ke kantor dinas tersebut..?
    Terimakasih

  19. Assalamu’alaikum… Admin,
    Saya mahasiswa IBN jakarta timur.
    Jurusan Sistem informasi. saya ingin bertanya
    apakah ada program untuk magang / Kerja Praktek di Dikominfo Depok?
    Terima Kasih atas perhatiannya Admin

    Salam…

  20. Assalamualaiku ,

    Saya mahasiswi Universitas Gunadarma Jur Managemen Keuangan ,

    Apakah ada progam magang/ praktek kerja di diskominfo ini ? Kalau bisa bagaimana caranya ?

    Terimakasih

  21. ass. saya mahasiswa semester akhir Univ.Moestopo jurusan humas. apakah Diskominfo menerima anak magang dengan jurusan humas? dan jika bisa apa harus mengurus surat rekomendasi untuk magang di kantor Kesbangpolinmas, lalu adakah persyaratan yang harus di bawa saat mengurus surat rekomendasi? terimakasih

  22. Salam.
    Saya Adinda mahasiswi Universitas Nasional jurusan Hubungan Masyarakat semester 7, saya ingin menanyakan apakah diskominfo kota Depok masih membuka lowongan untuk magang di bulan Agustus ini? Jika iya, bagaimana cara apply surat permohonan magang-nya? Terimakasih 🙂

  23. tanggal 20 agustus 2014, dinas komunikasi dan informatika kabupaten Paser Kalimantan Timur baru saja dibentuk, kami bermaksud melakukan orientasi ke diskomunikasi kota Depok…bagaimana caranya. Jika berkenan kami minta contac person..supaya maksud kami bisa terlaksana.
    TKS

  24. Salam..
    Saya Eka Lasmawati dari Universitas Gunadarma..
    Mau bertanya apakah program magang masih ada hingga sekarang?
    Kalau ada apakah caranya masih sama seperti comment2 sebelumnya?
    Terima kasih..

  25. Undangan Silaturahim/Ponpes Almustaqim
    Bismillah hirrohman nirrohim
    Assslamualaikum Wr Wb
    pondok pesantren almustaqim ..alamat ; jalan KH Usman nomor 6 rt05 rw 02 .kelurahan kukusan kecamatan Beji Kota Depok .
    dengan ini kami mengharapkan menyambung tali silaturahim.
    kami mengundang Saudara/i untuk datang ke tempat kami.untuk saling memperkuat rasa persaudaraan.
    Dan singgah melihat -lihat mushola dan pondok pesantren kami.
    Hormat kami
    Ponpes Almustaqim

    ust Fery Maulana
    hp: 081319220040
        021 44536191

  26. Assalamualaikum wrb. Wb. Permisi, saya mau bertanya. Apabila ingin mengiklankan berita melalui running text margonda, caranya bagaimana ya? Terima kasih..

  27. Salam..
    Saya mahasiswa Universitas Pakuan Bogor Jurusan Ilmu komunikasi . Saya ingin bertanya apakah ada program untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Dikominfo Depok?
    Terima Kasih..
    Salam, Reina.

    1. Dear sdri. Reina

      Untuk informasi PKL silahkan konfirmasi ke no tlpn Diskominfo Kota Depok 021-29402276, atau datang langsung ke Kantor Diskominfo Kota Depok.

      Admin

  28. Salam,
    Kalau boleh saya bertanya
    Untuk proses rekrutmen di diskominfo depok,
    apakah harus lewat jalur cpns atau ada jalur lain untuk profesional bagi para peminatnya.

    terima kasih
    salam
    wahyu

    1. dear wahyu

      untuk recruitmen CPNS semua melalui jalur recruitmen CPNS

      Admin

  29. Asslamu’alaikum wr. wb
    Kepada diskominfo kota. depk, apakah tahun 2017 ada lowongan magang, saya. kebetulan mahasiswa teknik informatika yang sedangencari tempat magang.

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Yth. Sdr/i Setiawan Priadi,

      Untuk magang silahkan datang langsung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok,
      Jl. Margonda Raya No. 54 Depok Gedung DIBALEKA II Lt. 7.

      terima kasih
      admin

  30. assalamualaikum wr.wb.
    kepada Diskominfo kota depok, saya Tri Juliadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila. apakah Diskominfo menerima mahasiswa magang dibagian humas? terima kasih

    1. waalaikumsalam,

      Yth. Tri Juliandi, untuk informasi magang silahkan datang langsung ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok Gd. DIBALEKA II Lantai 7 Jl. Margonda Raya No. 54 Depok atau Telp langsung ke 021-29402276

      Terima kasih,
      Admin

  31. Selamat Pagi,
    Saya Annisa mahasiswa sastra jerman dari universitas Indonesia. Saya ingin bertanya bagaimana prosedur dan syarat-syarat untuk mengurus perizinan memasang iklan acara di running text jembatan margo-detos? Apakah langsung mengajukan proposal ke kantor? Terima kasih

    Salam,
    ANNISA

    1. Yth. Sdr Annisa,

      Untuk pemasangan konten pada media Running Text, silahkan datang langsung ke Kantor Diskominfo Kota Depok Gedung DIBALEKA II Lt. 7 Balaikota Depok, dengan membawa proposal.

      Terima kasih
      Admin

  32. Selamat siang , saya pelajar kelas 2 SMK Jurusan multimedia yg sedang mencari tempat PKL .. Apakah diskominfo depok menerima pkl anak smk? dan bagamaina prosedurnya?
    terima kasih.

    1. Yth. Sdr Iqbal

      Sesuai daftar antrian pendaftar peserta PKL di Diskominfo Depok, mohon maaf quota sampai dengan bulan Desember 2016 sudah penuh.

      Admin

  33. Dear Diskominfo Kota Depok,
    Saya Satrio masyarakat Kota Depok, lulusan S1 jurnalistik, ilmu Komunikasi. Ingin menanyakan Lowongan Pekerjaan Diskominfo Kota Depok/ Majalah Warta Depok Jika ada apakah ada email Recruitment atau alamat untuk mengirim CV & Application Letters.

    Thanks
    Bigs Regards

    1. Yth. sdr Satrio

      mengenai lowongan pekerjaan bagi jurnalis/jurnalistik, saat ini belum ada recruitment baru.

      Terima kasih
      admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *