Upaya memantapkan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) terus dilakukan Pemkot Depok. Fungsi PPID yang vital diharapkan bisa dimaksimalkan dengan memberikan informasi secara proaktif kepada masyarakat.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, peran dan fungsi PPID sangat vital. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh PPID untuk proaktif memberikan informasi melalui media yang sudah disediakan. Bahkan, sebagai bentuk keseriusannya dalam memberikan keterbukaan informasi, pihaknya memanggil seluruh PPID se-Kota Depok untuk melakukan rapat guna mempermudah koordinasi.

“Publikasi tidak harus harian, namun bisa dikerjakan secara berkala. Kita punya media sosial (medsos), gunakanlah peluang tersebut untuk memberikan informasi kepada khalayak luas. Kita punya program, punya kegiatan yang harus mereka (masyarakat) tahu,” ujarnya saat Rapat Koordinasi (Rakor) di ruang rapat Diskominfo Kota Depok, Kamis (19/01/17).

Selain itu, dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Widyati menjelaskan terkait informasi yang boleh dibuka dan informasi yang dikecualikan. Beberapa informasi yang dikecualikan misalnya terkait keuangan seperti Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA).

“Nantinya informasi yang diberikan akan mempengaruhi keaktifan dari website masing-masing dinas. Mari sama-sama kita rumuskan tugas PPID dan fungsi publikasi. PPID boleh menginformasikan seluas-luasnya, tapi harus ingat batasan-batasan seperti informasi yang dikecualikan,” tegasnya.

Dia mengatakan, petugas PPID yang dibebankan pada setiap Sekretaris Dinas (Sekdis) tidak harus melaksanakan tugas secara langsung. Melainkan dapat menugaskan salah satu staf sebagai operator PPID

“PPID Sekdis tidak harus melaksanakan tugasnya langsung, dia bisa menugaskan staf yang dianggap mampu, mumpuni, dipercaya dan bertanggung jawab terkait tugas PPID. Termasuk bahan-bahan yang bisa dikumpulkan dan dikoordinasikan di dalam perangkat daerah,” terangnya.

Diharapkan, dengan keberadaan PPID di tengah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat, mampu memberi warna dalam menyampaikan transparansi informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Semoga peran PPID lebih optimal, karena lewat Undang-undang No 14 tahun 2008, PPID jadi ujung tombak keterbukaan informasi pada badan publik di pemerintahan,” pungkasnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *