depok.go.id- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemerintah Kota Depok. Wilayah yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara tersebut ingin mempelajari penerapan smart city melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok.

Kepala Diskominfo Kabupaten Murung Raya Bimo Santoso menjelaskan, pihaknya membutuhkan banyak informasi dan masukan agar bisa diterapkan di wilayahnya tersebut. Pasalnya, Diskominfo Kabupaten Murung Raya baru terbentuk.

“Dinas kami ini baru, sehingga membutuhkan banyak informasi untuk dapat diadopsi dan dilaksanakan di wilayah kami,” tuturnya saat ditemui usai melakukan kunjungan di Diskominfo Kota Depok, Senin (27/11/2017).

Ia mengaku hasil kunjungan kerja yang dilakukan pihaknya, mendapatkan beberapa informasi. Diantaranya penerapan smart city di Kota Depok, aplikasi yang sudah berjalan, serta beberapa pengaduan yang dilakukan Pemerintah Kota Depok.

“Kami mendapatkan pelajaran banyak dari hasil kunjungan ini. Seluruhnya belum ada di wilayah Murung Raya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Tata Kelola Teknologi Informasi Diskominfo Kota Depok Rusdyanto menjelaskan untuk di Depok penerapan smart city, pada dasarnya untuk pelayanan kepada masyarakat. Namun, untuk penerapannya disesuaikan dengan kebijakan wilayah masing-masing.

“Arahan dari kementerian tidak ada standarnya. Maka implementasinya disesuaikan dengan pedoman, arahan pimpinan dan anggaran yang ada,” jelasnya.

Ia berharap masukan yang diberikan untuk Kabupaten Murung Raya dapat diterapkan di wilayahnya tersebut. Tentunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Penulis : Indri Purnama Sari

Editor : Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *